Apa Itu PBI JK dan Bagaimana Cara Mendapatkan dan Mencairkannya?

- 13 April 2024, 13:45 WIB
Apa itu PBI JK? Bagaimana cara dapatkan dan mencairkan bansos PBI JK? Baca sampai akhir artikel ini.*
Apa itu PBI JK? Bagaimana cara dapatkan dan mencairkan bansos PBI JK? Baca sampai akhir artikel ini.* /ANTARA/Irwansyah Putra

PR DEPOK - Apa itu PBI JK? Bagaimana cara dapatkan dan mencairkan bansos PBI JK? Baca sampai akhir artikel ini.

Sejumlah masyarakat mulai bertanya-tanya PBI JK itu apa? Bukan tanpa alasan, sebab di dalam situs cekbansos.kemensos.go.id 2024 terdapat nama jenis bansos yakni PBI JK.

Jadi PBI JK atau dikenal dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) merupakan bagian dari jenis bansos Kemensos yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Namun tidak seperti jenis bansos lainnya, PBI JK merupakan bansos dengan jenis fasilitas kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu atau sulit meng-akses dirinya ke rumah sakit karena terkendala biaya rumah sakit.

Baca Juga: KLJ Tahap 2 2024 Kapan Cair di Bank DKI? Simak Estimasi Jadwalnya di Sini

Terkait jenis bansos PBI JK apakah bila keluarga penerima manfaat (KPM) telah dinyatakan sah sebagai penerima PBI JK bisakah mencairkan dana PBI JK?

Seperti dalam keterangan sebelumnya, PBI JK atau KIS merupakan bagian dari Kartu Indonesia Sehat, jadi KPM akan menerima bansos PBI JK berupa kartu yang nantinya akan diaktifkan setiap bulannya oleh Pemerintah dengan dana saldo sebesar Rp42.000.

Memang bansos PBI JK terdapat dana saldo berupa uang, namun bukan uang tunai melainkan uang elektronik yang masuk ke kartu KIS dan dana tersebut hanya bisa dicairkan saat Anda hendak berobat ke rumah sakit umum dan gejala sakit-nya pun tidak parah hingga diagnosis.

Karena fasilitas PBI JK atau KIS memberikan fasilitas kelas 3 bagi para penerimanya sesuai dengan faskes (Tempat rumah sakit terdekat sesuai domisili alamat).

Baca Juga: SELAMAT! KPM BPNT Kriteria Ini Dapat Tambahan Bansos Rp400.000, Cek di Sini Nama Penerimanya

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x