Apa Itu Bansos PBI JK 2024 dan Kapan Bantuan Cair? Cek di Sini Penjelasannya

- 22 Januari 2024, 21:55 WIB
Simak informasi soal pengertian bansos PBI JK, waktu pencairan serta cara untuk cek penerima secara online.
Simak informasi soal pengertian bansos PBI JK, waktu pencairan serta cara untuk cek penerima secara online. /Instagram.com/@kemensosri/

PR DEPOK – Ketahui informasi mengenai apa itu bansos Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) 2024 dan kapan bantuan cair? Cek di sini penjelasannya.

Bansos PBI JK 2024 jadi salah satu bantuan yang pemerintah berikan kepada masyarakat penerima manfaat yang membutuhkan bantuan. Adapun pencairan bansos PBI JK 2024 ini akan dicairkan secara rutin setiap bulannya.

Berbeda dengan bansos PKH dan BPNT yang cair dalam bentuk uang tunai, bansos PBI JK 2024 ini tidak bisa dicairkan secara tunai melainkan akan langsung disalurkan sebagai iuran BPJS Kesehatan agar masyarakat penerimanya bisa mendapat layanan kesehatan secara gratis.

Baca Juga: Kronologi Mahasiswi di Depok Terbunuh, Berawal Diajak Ngopi Bareng

Dengan begitu, masyarakat yang sudah terdaftar sebagai penerima bansos PBI JK 2024 tidak perlu membayar iuran BPJS Kesehatan karena iuran tersebut akan dibayar oleh pemerintah melalui bansos PBI JK 2024.

Masyarakat yang bisa menerima bansos PBI JK 2024 adalah masyarakat yang terdaftar di DTKS Kemensos, memiliki SKTM, dan memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui apakah namanya terdaftar di DTKS Kemensos sebagai penerima bansos PBI JK 2024 atau tidak, segera lakukan cek daftar penerimanya di laman cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: TOP 8 Rumah Makan di Jepara, Paling Hits dan Terkenal Lezat Banget!

Cara Cek Penerima Bansos PBI JK 2024

1. Masuk ke laman cekbansos.kemensos.go.id

Halaman:

Editor: Linda Agnesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x