Ikan ini Diyakini Mampu Membantu Manusia untuk Awet Muda

- 24 Februari 2020, 16:36 WIB
KILLFISH oirus Afrika bisa menempatkan diri ke dalam keadaan mati suri sebagai embrio.*

PIKIRAN RAKYAT - Penuaan selalu menjadi momok bagi banyak orang yang beranjak dewasa. Perubahan raut wajah, kekuatan otot, hingga kemampuan daya pikir perlahan menjadi menurun yang menandakan Anda sedang dalam tahap penuaan.

Berbagai upaya dilakukan utamanya bagi seorang wanita yang berusaha untuk mencari obat atau kosmetik yang diyakini dapat mencegah penuaan pada dirinya. Penelitian dalam bidang kecantikan terus berlanjut dan semakin dicari para orang dewasa saat ini.

Peneliti di Amerika Serikat telah menemukan salah satu obat untuk menghentikan penuaan tersebut. Seekor ikan yang dapat menghentikan proses penuaan dan bertahan hidup selama bertahun-tahun diyakini mampu membantu manusia melacak mata air untuk obat awet muda.

Killifish pirus Afrika dapat beradaptasi ke dalam kondisi mati suri sebagai embrio, karakteristik ini dikenal sebagai diapause.

Baca Juga: Disdik Depok Apresiasi Program OC untuk Meningkatkan Kualitas Pelajar 

Kemampuan ini diperkirakan muncul sebagai respons terhadap perubahan musiman pada lingkungan.

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Daily Star, para ilmuan di Stamford University dan Stowers Institute for Medical Research di Amerika Serikat, kini telah mengetahui bagaimana ikan-ikan tersebut melakukannya.

Mereka percaya itu bisa membantu manusia mencegah penuaan atau bahkan hibernasi, yang mungkin diperlukan pada ekspedisi ruang angkasa di masa depan.

Sebuah studi DNA ikan killifish pirus Afrika ini menunjukkan bahwa selama diapause, gen yang memicu pergantian sel menurun, sementara mereka yang terlibat dalam pemeliharaan otot menjadi lebih aktif.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Daily Star


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X