Demi Selamatkan Biota Laut, Penyelam Angkat 'Jaring Hantu' Kapal Selam dari Perang Dunia II

- 6 Agustus 2020, 15:04 WIB
Kapal perang selam Inggris, HMS Perseus yang hilang saat Perang Dunia II. /Euronews/Giorgos Kolikis

PR DEPOK - Sekelompok penyelam membersihkan dan mengangkat 'jaring hantu' yang menyelimuti kapal selam Inggris di Laut Ionia di lepas pantai Yunani dalam upaya menyelamatkan biota laut.

Kapal selam bernama HMS Perseus itu, hilang selama Perang Dunia II, lalu ditemukan di kedalaman 52 meter antara pulau Kefalonia dan Zakynthos.

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Euro News, Kamis, 6 Agustus 2020, disebutkan bahwa ada sekitar 650.000 hewan laut mati setiap tahunnya karena terjebak dalam 'jaring hantu' yang menyelimuti HMS Perseus itu.

Baca Juga: Jual Tiga Batu Permata Langka, Penambang Ini Mendadak Jutawan Hingga Ingin Bangun Sekolah dan Pasar 

Julukan 'jaring hantu' karena jaring tersebut telah menelan korban hewan seperti penyu, lumba-lumba, anjing laut, dan juga ikan. Mereka biasanya tak mampu meloloskan diri, lalu mati di tempat tersebut.

Bukan tanpa alasan, kenapa banyak biota laut yang terjebak di sana. Biasanya bangkai kapal dan terumbu menjadi sasaran lokasi untuk mencari makanan bagi hewan laut.

Namun, hal itu malah akan berbahaya bagi hewan-hewan tersebut jika terdapat jaring yang bisa membuat mereka terperangkap lalu mati.

Tim penyelam yang terdiri atas enam orang itu, telah melakukan tiga kali operasi pembersihan kapal selam HMS Perseus itu. Biasanya pembersihan akan memakan waktu kurang lebih satu jam.

Baca Juga: Buaya 'Raksasa' di Bangka Tewas, Diangkut dengan Alat Berat untuk Dikuburkan di Sungai 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Euro News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X