Akibat Suhu Bumi Semakin Panas, Lapisan Es Sebesar Kota Paris di Greendland Hancur Berkeping-keping

- 16 September 2020, 14:55 WIB
Ilmuwan yang bekerja pada Geological Survey of Denmark and Greenland (GEUS) mempelajari citra satelit dari lapisan es yang diambil selama tujuh tahun terakhir. Kiri menunjukkan bongkahan tahun 2013 dan kanan bongkahan es tahun 2020. /Geological Survey of Denmark and Greenland (GEUS) via Daily Mail/

PR DEPOK - Satu bongkahan es yang diperkirakan besarnya melebihi Kota Paris dilaporkan telah menghancurkan gletser terbesar di Greenland.

Para ilmuwan mengklaim bahwa hancurnya gletser hingga berkeping-keping tersebut disebabkan oleh terjadinya perubahan iklim.

Dikutip oleh Pikiranrakyat-Depok.com dari Mail Online, para peneliti yang bekerja di Survei Geologi Denmark dan Greenland (GEUS) mengatakan peningkatan suhu telah mengakibatkan terjadinya kehancuran lapisan es yang juga meningkat.

Baca Juga: Kota Tangerang Naik Status Zona Merah Covid-19, Bandara Soeta Diduga Jadi Penyumbang Terbesar

Diperkirakan bongkahan es seluas 42.3 mil persegi terpisah dari fyord yang disebut Nioghalvfjerdsfjorden ke Kutub Utara dalam dua tahun terakhir.

Tercatat suhu rata-rata di wilayah tersebut telah meningkat sebanyak 5.4 derajat fahrenheit sejak 1980.

Menurut Laure Meller selaku juru bicara Greenpeace, kejadian tersebut seolah menjadi lonceng peringatan yang dibunyikan oleh krisis iklim di Arktik yang memanas dengan cepat.

Selain itu, Profesor GEUS, Jason Box ikut prihatin akan kejadian tersebut.

Baca Juga: Bekerja di RS Sebagai Dokter Selama 4 Tahun, Pria Tak Tamat SD Berhasil Palsukan Gelar dan Identitas

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: Daily Mail


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X