Nilai Gibran Belum Kuat Lawan Anies di Pilpres 2024, Refly Harun: Tapi Dia Anak Jokowi, Jadi Ada Kemungkinan

- 9 Februari 2021, 08:33 WIB
Gibran Rakabuming Raka.
Gibran Rakabuming Raka. /Mohammad Ayudha /Antara

PR DEPOK – Pakar hukum tata negara, Refly Harun memberikan tanggapannya terkait posisi Gibran Rakabuming di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurutnya, sepanjang Joko Widodo (Jokowi) masih menjadi Presiden RI, maka sang anak dan menantu, Gibran dan Bobby Nasution, akan terus menjadi calon potensial dalam Pilkada manapun di Indonesia.

“Kalau untuk menjadi calon presiden mungkin terlalu muda, masih baru. Tapi kalau menjadi calon gubernur, barangkali tidak terlalu sulit,” tutur Refly seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari kanal YouTube Refly Harun pada Selasa, 9 Februari 2021.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Selasa, 9 Februari 2021: Libra, Hindari Mengambil Keputusan Penting karena Pengaruh Orang Lain

Persoalannya, kata Refly, sosok yang Gibran hadapi adalah Gubernur DKI, Anies Baswedan yang pengalamannya jauh lebih banyak jika dibandingkan.

“Tapi apakah Gibran akan melawan dari sisi elektabilitas? Bisa jadi, kalau sudah head-to-head apapun bisa terjadi,” ucapnya.

“Kenapa bisa begitu? Sederhana, ketika head-to-head Jokowi melawan Prabowo, belum tentu orang suka memilih Prabowo. Tapi karena orang tidak suka dengan Jokowi, maka muncullah ‘Asal Bukan Jokowi’ atau ABJ,” ujarnya.

Baca Juga: Komentari PDIP ‘Babak Belur’ dalam Survei Elektabilitas, Refly Harun: Persoalannya Partai Lain juga Bermasalah

Refly menilai bahwa situasi yang sama akan senantiasa terjadi di masa mendatang.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network