Sambut Musim Haji 2020, Berikut 13 Inovasi yang Diterapkan Kementerian Agama

- 24 Februari 2020, 20:55 WIB
SAKING panjangnya daftar haji di Indonesia, pendaftarannya didorong dilakukan sejak masih bayi.*

PIKIRAN RAKYAT - Indonesia merupakan negara dengan mengirimkan jamaah haji terbesar di dunia. Lebih dari 200 ribu umat muslim di Indonesia menunaikan ibadah haji ke tanah suci setiap tahunnya.

Kementerian Agama (Kemenag) mengaku kepuasan akan layanan haji dan umrah harus diperhatikan dan selalu ditingkatkan, hal ini dimaksudkan supaya jamaah haji Indonesia mendapatkan pelayanan yang maksimal dan menjadi haji yang mabrur.

Seperti yang dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Galamedia, saat ini pemerintahan Indonesia bersiap menyambut datangnya musim haji 2020.

Menteri Agama, Fachrul Razi menjelaskan, pemerintah menerapkan 13 inovasi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan bagi jemaah haji Indonesia tahun ini.

Baca Juga: Xiaomi Mi Mix Alpha dengan Layar Fleksibel Akan Hadir 25 Februari 

Penyelenggaraan Bimbingan Manasik Haji

Fachrul menerangkan inovasi dalam pelayanan haji 2020 mencakup penyelenggaraan bimbingan manasik haji sepanjang tahun bagi jamaah calon haji.

Selama ini bimbingan manasik haji tidak dilakukan sepanjang tahun tetapi pada waktu-waktu tertentu sehingga ada anggota jamaah yang kesulitan menyesuaikan diri dengan waktu bimbingan.

"Pemerintah juga menyempurnakan buku manasik haji untuk memudahkan jamaah memahami seluk-beluk pelaksanaan ibadah haji," ujarnya.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X