115 Tenaga Medis Telah Gugur Saat Tangani Covid-19, PB IDI: Indonesia Rawan Kehilangan Aset Bangsa

- 16 September 2020, 16:04 WIB
PETUGAS medis menata sample cairan yang diambil dari sejumlah Pegawai Negeri Sipil Kota Bandung saat tes usap di Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jalan Supratman, Selasa (8/9/2020). Tes yang dilakukan bagi PNS Pemkot Bandung tersebut digelar terkait hasil tes sebelumnya sebanyak 117 pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Bandung dinyatakan positif Virus Corona. /Armin Abdul Jabbar/PR

PR DEPOK - Pandemi Covid-19 yang telah bertahan hingga sekira 7 bulan ini menunjukkan laju peningkatan kasus.

Berdasarkan informasi yang dihimpun hingga Selasa, 15 September 2020 di Indonesia tercatat 225.030 orang terkonfirmasi positif Covid-19, 161.065 orang sembuh, 8.965 lainnya dinyatakan gugur melawan ganasnya virus tersebut.

Untuk diketahui berdasarkan informasi yang telah dihimpun dari 8.965 jiwa penduduk Indonesia yang meninggal dunia karena Covid-19, tercatat 48 orang diantaranya merupakan petugas kesehatan yag berprofesi sebagai perawat, mereka gugur kala berperang dengan virus yang ditemukan di Kota Wuhan, Tiongkok pada akhir 2019 lalu.

Baca Juga: Pendukungnya Abai Protokol Kesehatan Saat Kampanye, Donald Trump: Tidak Peduli Tertular Virus Corona

Sementara itu, Tim Mitigasi PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) merilis data bahwa sebanyak 115 dokter telah gugur dalam penanganan Covid-19, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Data tersebut terhimpun dan merupakan data yang ada di seluruh Indonesia, adapun kasus kematian paling tinggi terjadi di Provinsi Jawa Timur.

Hal tersebut menjadi catatan duka dunia kesehatan Indonesia karena pejuang kesehatan yang telah gugur kala berperang melawan ganasnya virus tersebut.

Berdasarkan data Tim Mitigasi PB IDI di Jakarta, per Rabu 16 September 2020 dari total 115 dokter yang gugur tersebut diantaranya 60 dokter umum, 53 dokter spesialis, serta 2 dokter residen atau yang masih menjalani pendidikan dokter spesialis.

Baca Juga: Depok Dikabarkan Zona Merah, Pemkot Belum Putuskan PSBB

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X