80.000 ASN Ikuti Program Penguatan Literasi Digital, Didominasi dari Perguruan Tinggi Negeri

- 28 Maret 2024, 12:00 WIB
Sebanyak 80.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti Program Pelatihan Literasi Digital Sektor Pemerintahan (LDSP).*
Sebanyak 80.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti Program Pelatihan Literasi Digital Sektor Pemerintahan (LDSP).* /Tangkap layar YouTube Kemendikbud RI/

PR DEPOK - Sebanyak 80.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti Program Pelatihan Literasi Digital Sektor Pemerintahan (LDSP) yang diselenggarakan secara hibrida mulai 25 sampai 28 Maret 2024.

ASN yang mengikuti program ini terdiri dari PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) serta didominasi berasal dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dominasi ASN asal PTN ini merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi dan mempercepat akselerasi transformasi digital dalam lingkup pelayanan, pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

Program tersebut merupakan bentukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang tahun ini menggandeng Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Baca Juga: Kapan Malam Lailatul Qadar 2024 atau 1445 H? Cek Informasinya dengan Twibbon Harinya

Tujuan utama program ini adalah agar para ASN memiliki kemampuan dan pemahaman akan literasi digital yang mumpuni supaya dapat memberikan pelayanan yang lebih berkualitas.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menjelaskan bahwa terdapat empat dimensi dalam kapabilitas literasi digital, yaitu keterampilan digital, dimensi etika digital, kebudayaan digital, dan keamanan digital.

Keempat dimensi ini akan membentuk karakter yang tangguh, nasionalis, dan komunikatif termasuk bagi para ASN.

Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti menjelaskan bahwa kecakapan penggunaan teknologi melalui kemampuan literasi digital nantinya dapat membantu mereka untuk mengakses informasi dengan cepat, berkomunikasi dengan orang lain lewat perangkat teknologi digital, mendorong kemampuan berpikir kritis, serta mengevaluasi informasi dari berbagai sumber.

Baca Juga: Prediksi Pertandingan Persik vs Persikabo 1973 di Liga 1 Lengkap dengan Head to Head

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x