Berkat Program PEN, Kemenkeu Klaim 3,34 Juta Orang Terselamatkan dari Jurang Kemiskinan

- 23 November 2020, 15:42 WIB
Ilustrasi bantuan tunai.*
Ilustrasi bantuan tunai.* /Pixabay/EmAji./

PR DEPOK – Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (BKF Kemenkeu) memprediksi sebanyak 3,43 juta orang telah selamat dari kemiskinan.

Menurut Kepala Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara BKF Ubaidi Socheh Hamidi, hal tersebut berkat dukungan perlindungan sosial dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Dari beberapa data dan perhitungan kami, diperkirakan 3,43 juta orang itu terselamatkan dari kemiskinan karena program perlindungan sosial,” ucap Ubaidi pada Senin, 23 November 2020, dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara.

Baca Juga: Reuni 212 Dipastikan Batal, Pangdam Jaya Siap Turunkan Pasukan Jika Ada yang Melanggar

Ia menilai dengan adanya perlindungan sosial, hal itu mampu menekan angka kemiskinan menjadi 9,69 persen dari persentase akibat Covid-19 yang sebelumnya yang diperkirakan mencapai 10,96 persen.

Ubaidi menerangkan bahwa realisasi perlindungan sosial program PEN mencapai Rp193,07 triliun atau 82,4 persen dari pagu Rp234,33 triliun hingga 18 November 2020.

Ia menuturkan, sejumlah program dalam perlindungan sosial telah terserap hampir 100 persen di antaranya Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan beras dan kartu prakerja dalam kelompok perlindungan sosial.

Baca Juga: TNI Ditantang untuk Melawan Organisasi Papua Merdeka, Refly Harun: Memang Harusnya Ini yang Dihadapi

“Perlindungan sosial yang realisasinya sudah 82,4 persen dapat menjaga konsumsi masyarakat miskin dan rentan miskin,” katanya.

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x