Kemenkeu Sebut Pemerintah Berencana Berikan PMN Nontunai, Siap Disalurkan Tahun 2021

- 16 November 2020, 21:38 WIB
Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata.*
Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata.* /Dok. Kemenkeu RI./

PR DEPOK - Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmawarta berencana akan memberikan Penyertaan Modal Negara (PMN) yang bersifat nontunai pada tahun depan.

“Kami merencanakan ada beberapa PMN yang non-tunai sifatnya tahun depan. Ini adalah yang pertama untuk menyelesaikan bantuan pemerintah yang belum ditentukan statusnya,” kata Isa dalam RDP bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta, dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara.

Isa mengatakan hal tersebut dilakukan karena Kementerian atau Lembaga sering membangun atau membeli sesuatu yang kemudian diserahkan kepada BUMN untuk digunakan.

Baca Juga: Imbau Habib Rizieq Contoh Akhlak Rasulullah, Wamenag: Dakwah Harusnya Santun dan Sejukkan Umat

“Nah ini serah terimanya ini harus diresmikan dalam bentuk penambahan modal kepada BUMN tersebut,” ujar dia.

Isa menyebutkan yang harus diselesaikan adalah di PT PLN (Persero) sebanyak Rp872,4 miliar yaitu merupakan barang-barang yang dibangun oleh Kementerian ESDM.

Kemudian, PT Pertamina (Persero) yaitu berupa pompa bahan bakar pesawat di Pelabuhan Udara Juanda yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan dan akan diserahkan ke Pertamina sehingga menjadi aset Pertamina.

Tak hanya itu, untuk Pertamina juga ada barang milik Kementerian ESDM berupa jaringan gas yang dibangun oleh Kementerian ESDM dan akan diserahkan ke Pertamina dalam bentuk penambahan modal negara.

Baca Juga: Hadir di Acara Habib Rizieq yang Timbulkan Kerumunan, Bareskrim Polri Akan Panggil Anies Baswedan

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah