Investor Masih Fokus pada Peluncuran Vaksin Covid-19, Harga Minyak Dunia Kembali Naik

- 19 Desember 2020, 08:53 WIB
Kilang minyak Pertamina/Instagram Pertamina
Kilang minyak Pertamina/Instagram Pertamina /

PR DEPOK – Harga minyak dunia kembali mengalami perubahan terbarunya yang disebabkan oleh sejumah faktor.

Harga minyak mentah jenis Brent misalnya untuk pengiriman Februari naik 76 sen atau 1,5 persen ke level 52,26 dollar AS per barel di London ICE Futures Exchange pada akhir sesi perdagangan Jumat, 18 Desember 2020 waktu setempat atau Sabtu, 19 Desember 2020 WIB pagi.

Sementara itu, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) naik 74 sen atau 1,5 persen ke level 49,10 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange pada sesi perdagangan yang sama.

Baca Juga: Masih Berstatus Zona Merah Covid-19, Pemkot Depok Imbau Ibadah Natal Digelar Virtual

Kenaikan harga minyak dunia yang terjadi ada saat ini ditopang harapan membaiknya permintaan bahan bakar minyak ketika investor masih berfokus pada peluncuran vaksin Covid-19.

Selain itu, kenaikan harga minyak dunia juga ditopang oleh melemahnya nilai tukar dollar AS terhadap sejumlah mata uang utama dunia lainnya.

Pfizer telah mengajukan permohonan persetujuan di Jepang untuk vaksinnya yang digunakan di Inggris Raya dan Amerika Serikat.'

Baca Juga: Yakin Lunasi Pinjaman Lebih Awal Pasti Lebih Baik? Ketahui Dulu Pro dan Kontranya Berikut Ini

Sementara itu, Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence mengatakan persetujuan AS untuk suntikan Moderna telah dating pada Jumat, 18 Desember 2020 lalu.

"Penurunan mingguan dollar adalah pergerakan turun yang signifikan dan mendorong kompleks minyak lebih tinggi," kata mitra di Again Capital, New York, John Kilduff seperti dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari ANTARA.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x