Cara Cek Bansos Mei dan Juni 2021 Pakai KTP di cekbansos.kemensos.go.id untuk Cairkan BST, PKH, BPNT

- 22 Mei 2021, 14:44 WIB
Petugas memotret identitas penerima bantuan sebagai tanda bukti saat penyaluran bantuan sosial (bansos) tunai  BST di Kantor Desa Sindangherang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis 24 Desember 2020.
Petugas memotret identitas penerima bantuan sebagai tanda bukti saat penyaluran bantuan sosial (bansos) tunai BST di Kantor Desa Sindangherang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis 24 Desember 2020. /Adeng Bustomi/ANTARA

PR DEPOK – Penerima manfaat bantuan sosial periode Mei-Juni 2021 dapat menggunakan KTP untuk login di cekbansos.kemensos.go.id untuk mengecek nama danndapatkan  bansos Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Pasalnya, bansos BST dan BPNT kembali dilanjutkan pemerintah periode Mei 2021 dan Juni 2021, selain PKH yang masih memiliki jatah 2 bulan pencairan.

Bansos PKH, BST, BPNT dari Kemensos ini ditujukan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga: Belum Genap Satu Hari Gencatan Senjata, Ketegangan Kembali Terjadi di Kompleks Masjid Al Aqsa

Maka dari itu, masyarakat harus terlebih dahulu memastikan diri telah terdaftar pada KPM Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jika masyarakat telah terdaftar sebagai KPM DTKS, maka selanjutnya bisa cek penerima bansos dari Kemensos melalui website baru DTKS Kemensos sekaligus melacak alur distribusi bansos 2021.

Pengecekan bisa dilakukan dengan memasukan nama sesuai KTP yang telah terdaftar di DTKS Kemensos dengan panduan berikut.

Baca Juga: Heru Pasang Badan hingga Bersumpah Bela Khofifah, FH: Ibu Lebih Baik Minta Maaf Akui Salah Langgar Prokes

1. Buka situa cekbansos.kemensos.go.id.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: Kementerian Sosial


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x