Menjanjikan dan Aman, Ini Kelebihan dan Kekurangan Dalam Investasi Emas

- 6 Desember 2021, 12:25 WIB
Ilustrasi emas.
Ilustrasi emas. /pixabay @lindahamilton

PR DEPOK - Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, tren masyarakat untuk berinvestasi dan menabung dana darurat mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Banyak orang yang berlomba-lomba menyimpan atau memutar kembali harta yang dimiliki agar nilai harta bisa bertambah. Emas sangat cocok digunakan untuk tabungan dana darurat karena selain tahan terhadap inflasi, emas juga mudah dicairkan dan harga terus meningkat pada jangka panjang.

Saat ini, menabung emas lebih praktis dan bisa diakses kapan saja. Anda juga bisa memantau harga emas hari ini di mana saja. Sebagian investor memilih untuk membeli emas batangan dan ada pula yang membeli dalam bentuk perhiasan. Selain bisa dijadikan tabungan, investasi emas berupa perhiasan juga bisa digunakan sebagai pemanis dan aksesoris. Tapi tunggu dulu, sebelum memutuskan untuk investasi emas, ada baiknya jika Anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya!

Kelebihan investasi emas.

Baca Juga: TNI AU Jawab Komentar Warganet: Salah Satu Kebocoran Rahasia Adalah Melalui Medsos

Stabil Dari Ketidakpastian Geopolitik

Emas menjadi salah satu investasi favorit masyarakat karena memiliki banyak kelebihan. Saat terjadi suatu ketidakpastian geopolitik, nilai emas masih tetap akan stabil bila dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Baik emas perhiasan atau emas batangan, harganya akan selalu naik bahkan ketika kepercayaan masyarakat pada pemerintah cenderung rendah.

Emas kerap dijuluki sebagai komoditas krisis, karena disaat masa ketegangan dunia meningkat, para investor lebih sering memilih berinvestasi emas karena harganya yang stabil dan mampu mengungguli jenis investasi lain. Bagi para investor konservatif, memilih investasi emas adalah sebuah langkah yang tepat bila dibandingkan dengan investasi lain yang berisiko tinggi seperti saham.

Bisa Jadi Jaminan dan Rendah Risiko

Emas adalah instrumen investasi yang bisa digunakan sebagai alat untuk jaminan. Daripada menjualnya, Anda punya pilihan dengan memanfaatkan emas yang Anda miliki sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman. Setelah uang diperoleh, emas Anda pun tetap bisa ada di tangan setelah Anda mengisinya kembali. Emas biasa disebut dengan safe heaven lantaran nilainya yang tidak tergerus oleh inflasi dan juga likuiditasnya sangat tinggi.

Halaman:

Editor: Adithya Nurcahyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x