Cara Daftar DTKS Online 2022 Lewat HP Pakai KTP di Aplikasi Cek Bansos agar Dapat PKH, BPNT, hingga KIP Kuliah

- 23 Februari 2022, 11:27 WIB
Simak cara daftar DTKS secara online ini, hanya lewat HP menggunakan KTP untuk dapatkan PKH, BPNT hingga KIP Kuliah.
Simak cara daftar DTKS secara online ini, hanya lewat HP menggunakan KTP untuk dapatkan PKH, BPNT hingga KIP Kuliah. /Instagram @disdikdki/

PR DEPOK - Cara daftar DTKS (Data Terpaduan Kesejahteraan Sosial) online lewat HP agar dapat bantuan sosial (bansos) PKH, BNPT, hingga KIP Kuliah 2022.

Salah satu syarat wajib penerima Bansos, baik PKH, BNPT, hingga KIP Kuliah 2022 adalah telah terdata di dalam DTKS.

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

BPNT atau Bansos Sembako adalah program bantuan sosial yang diberikan kepada warga miskin setiap bulan dalam satu tahun untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Baca Juga: Manfaat Memiliki Perangkat Set Top Box atau STB, Salah Satunya Terdapat Fitur EWS

Sedangkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) adalah bantuan pendidikan yang diberikan kepada siswa yang memenuhi syarat, salah satunya terdata di DTKS.

Lewat data yang ada di DTKS ini nantinya pemerintah berharap agar bantuan sosial akan tepat sasaran bagi penerima bantuan dan tidak ada lagi data ganda.

Sepanjang Maret 2021, DTKS telah dipulihkan integritasnya dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Kepmensos No 12/HUK/2021 sehingga menjadi New DTKS.

Adapun fungsinya adalah memuat data terbaru penerima bantuan sosial (Bansos).

Halaman:

Editor: Linda Agnesia

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x