BPNT Kartu Sembako Juli 2022 Cair Tunai Lewat Kantor Pos? Simak Infonya dan Cara Cek Nama Penerima Online

- 3 Juli 2022, 11:39 WIB
Ilustrasi - Simak berikut ini penjelasan kabar BPNT Kartu Sembako Juli 2022 akan dicairkan di mana hingga cara cek penerima secara online.
Ilustrasi - Simak berikut ini penjelasan kabar BPNT Kartu Sembako Juli 2022 akan dicairkan di mana hingga cara cek penerima secara online. /Dok. Kemensos.

PR DEPOK - Saat ini info penyaluran BPNT Kartu Sembako Juli 2022 masih dinantikan masyarakat, terutama para penerima bantuan Kemensos ini.

BPNT Kartu Sembako merupakan bansos yang dijadwalkan cair setiap bulan. Namun untuk Juli 2022 ini belum ada info terbaru bakal diberikan tanggal berapa dan lewat lembanga penyalur mana.

Berdasarkan penyaluran BPNT Kartu Sembako April 2022, bansos ini disalurkan tunai lewat Kantor Pos.

Kemudian pada Mei 2022, kembali berbentuk saldo dan cair di agen untuk dibelanjakan sembako di e-waroeng.

Baca Juga: Nama Penerima PKH Juli 2022 Bisa Dilihat di cekbansos.kemensos.go.id, Siapkan KTP dan HP

Lantas apakah BPNT Kartu Sembako bulan Juli 2022 bakal cair tunai lagi melalui Kantor Pos? Simak infonya beserta cara cek penerima di link Kemensos.

Sebagai informasi, BPNT Kartu Sembako merupakan Bantuan Pangan Non-Tunai yang diberikan pemerintah melalui Kemensos berupa saldo Rp200.000.

Saldo BPNT Kartu Sembako sebesar Rp200.000 ini bakal disalurkan rutin setiap bulan kepada penerima yang terdaftar di DTKS Kemensos.

Diketahui, pada Januari-Maret 2022 BPNT Kartu Sembako diberikan Kemensos secara rapel dalam bentuk uang tunai yang disalurkan lewat Kantor Pos sejumlah Rp600.000.

Baca Juga: Bansos PKH Ibu Hamil Tahap 3 2022 Rp3 Juta Cair, Segera Cek Nama Penerima di Link cekbansos.kemensos.go.id

Kemudian untuk penyaluran BPNT Kartu Sembako April 2022 pun demikian karena cair bersamaan dengan penyaluran BLT minyak goreng.

Sedangkan untuk Mei 2022, BPNT Kartu Sembako kembali disalurkan melalui agen atau Bank Himbara dalam bentuk saldo Rp200.000 per penerima.

Dengan demikian, ada kemungkinan jika BPNT Kartu Sembako Juli 2022 juga bakal diberikan dalam bentuk saldo yang disalurkan lewat agen atau Bank Himbara.

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan jika BPNT Kartu Sembako bulan Juli 2022 bakal disalurkan dalam bentuk uang tunai lagi lewat Kantor Pos.

Baca Juga: Apa Perbedaan DBD, Tifus, dan Malaria? Simak Penjelasan dr Adityo Susilo dari FKUI RSCM Berikut

Sembari menunggu info terbaru bakal cair tunai dalam bentuk uang atau saldo Rp200.000, masyarakat bisa cek nama penerima terlebih dahulu lewat link Kemensos.

Cara Cek Nama Penerima

1. Pertama-tama, akses link cekbansos.kemensos.go.id menggunakan HP atau perangkat yang dimiliki

2. Setelah itu, masukkan nama provinsi atau kabupaten, kota atau desa. Lalu input data diri sesuai KTP

4. Berikutnya, input delapan kode huruf yang ada di layar. Jika kurang jelas, segera ulangi lagi untuk mendapat yang baru

Baca Juga: Harga Tiket PRJ Kemayoran Hari Ini 3 Juli 2022, Bagaimana Cara Belinya?

5. Tahap terakhir, segera klik tombol "Cari Data".

Setelah itu, sistem bakal menginformasikan bahwa data KTP yang dimasukkan terdaftar sebagai penerima BPNT Kartu Sembako atau tidak

Bagi nama KTP yang terdaftar sebagai penerima BPNT Kartu Sembako bisa segera datang ke Kantor Pos yang ditunjuk sesuai dengan jadwal dan lokasi yang tertera di undangan jika penyaluran dilakukan tunai lewat lembaga penyalur tersebut.

Namun apabila penyaluran BPNT Kartu Sembako Juli 2022 dicairkan lewat agen dan Bank Himbara, maka masyarakat bisa datang ke lembaga penyalur tersebut dengan membawa KKS atau Kartu Keluarga Sejahtera.

Baca Juga: Pemadaman Listrik yang Berkepanjangan dan Krisis Energi, Layanan Internet dan Seluler Pakistan Terancam Putus

Bagi masyarakat yang memenuhi syarat dapat BPNT Kartu Sembako namun tidak terdaftar sebagai penerima, bisa lapor ke Kepala Desa atau ke Kantor Kelurahan.

Pasalnya, pendaftaran BPNT Kartu Sembako ini dilakukan secara langsung di Kantor Kepala Desa atau Kelurahan untuk kemudian diusulkan ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Apabila layak maka masyarakat tersebut berhak mendapat BPNT Kartu Sembako rutin setiap bulan dengan nominal yang telah disebut di atas.***

Editor: Ramadhan Dwi Waluya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x