Buruan Daftar DTKS Kemensos Online Pakai HP, Ada BPNT dan PKH yang Cair Juli 2022

- 3 Juli 2022, 13:58 WIB
Ilustrasi - Daftar di DTKS merupakan salah satu syarat masyarakat agar jadi penerima BPNT dan PKH yang cair Juli 2022.
Ilustrasi - Daftar di DTKS merupakan salah satu syarat masyarakat agar jadi penerima BPNT dan PKH yang cair Juli 2022. /Dok. DTKS Kemensos.

PR DEPOK - Kemensos masih menyalurkan sejumlah bansos termasuk BPNT dan PKH kepada masyarakat hingga Juli 2022.

Dalam menyalurkan bansos BPNT dan PKH yang cair Juli 2022 pun Kemensos masih data penerima dari DTKS.

Pasalnya, dalam DTKS memuat 40 persen data penduduk yang mempunyai status kesejahteraan sosial rendah, termasuk masyarakat penerima bansos BPNT dan PKH yang cair Juli 2022.

Untuk itu, masyarakat yang ingin dapat bansos BPNT dan PKH yang cair Juli 2022 bisa segera daftar DTKS Kemensos secara online di aplikasi Cek Bansos pakai HP.

Baca Juga: PKH Tahap 3 Kapan Cair? Simak dan Catat Info Terbaru Soal Tanggal Pencairan

Namun untuk daftar dan masuk ke dalam DTKS Kemensos online pakai HP tidak mudah lantaran ada proses dan sejumlah yang wajib dipenuhi pendaftar.

Adapun syarat daftar DTKS Kemensos agar berkesempatan dapat bansos BPNT dan PKH, yakni penerima bantuan merupakan WNI atau Warga Negara Indonesia golongan masyarakat miskin atau rentan.

Calon penerima bansos BPNT dan PKH cair Juli 2022 juga harus tergolong pihak yang terdampak Covid-19 atau kehilangan mata pencaharian karena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Baca Juga: Balita Usia 0-6 Tahun Bisa Dapat PKH Rp750 Ribu dari Kemensos, Simak Syarat dan Cara Daftarnya Lewat HP

Selain itu, syarat yang tidak kalah penting apbila ingin daftar DTKS Kemensos yakni bukan termasuk anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri.

Setelah syarat di atas terpenuhi, segera daftar DTKS Kemensos secara online cukup menggunakan HP yang bisa dilakukan di mana saja.

Cara Daftar Online

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk daftar DTKS Kemensos online yakni segera siapkan KTP terlebih dahulu.

Kemudian, buka HP dan unduh aplikasi Cek Bansos Kemensos di Play Store. Apabila aplikasi sudah diunduh, lalu klik "Buat Akun Baru" untuk registrasi.

Baca Juga: Cara Daftar BPNT Juli 2022 Online di HP, Unduh Aplikasi Cek Bansos dan Siapkan KTP

Langkah selanjutnya, yakni segera masukkan data diri sesuai kolom yang diminta. Lalu, unggah dua foto yang menunjukkan KTP dan satu foto Anda memegang KTP.

Dalam langkah ini, pastikan data yang Anda diisi sudah benar. Setelah itu tinggal klik "Buat Akun Baru".

Setelah registrasi akun berhasil, selanjutnya pilih menu “Daftar Usulan”. Lalu masukkan kembali data diri pada kolom yang tersedia. Terakhir pilih jenis bansos yang ingin didapatkan.

Data yang telah diusulkan bakal diproses untuk tahap berikutnya, yakni verifikasi dan validasi terlebih dahulu oleh Kemensos.

Baca Juga: Balita 0-6 Tahun Berhak Dapatkan Rp3 Juta usai Login ke Link Ini, Cek Penerima PKH yang Sedang Cair Juli 2022

Namun satu hal yang, perlu diketahui masyarakat bahwa apabila sudah daftar dan masuk ke dalam DTKS Kemensos, maka tidak secara otomatis akan mendapatkan bansos BPNT dan PKH cair Juli 2022.

Pasalnya, pemerintah dan Kemensos telah menetapkan bahwa setiap bansos, termasuk BPNT dan PKH memiliki mekanisme dan syarat masing-masing sesuai dengan variabel yang dibutuhkan dalam DTKS Kemensos.

Selain itu, pengajuan dalam DTKS Kemensos dapat dan tidaknya, dibatasi oleh kuota yang sudah ditentukan.

Baca Juga: PIP 2022 Segera Cair, Berikut Cara Daftar agar Siswa SD, SMP, dan SMA Dapat Bantuan hingga Rp1 Juta

Di sisi lain, untuk mengetahui status masyarakat dalam DTKS Kemensos apakah lolos sebagai penerima bansos BPNT dan PKH atau tidak, dapat dicek melalui tiga cara, yakni:

1. Link resmi Kemensos yakni cekbansos.kemensos.go.id

2. Aplikasi Cek Bansos

3. Menanyakan ke Dinas Sosial terkait status dalam DTKS atau bansos.

Apabila masyarakat tergolong sebagai Keluarga Penerima Manfaat atau KPM, dipastikan akan menjadi sasaran penerima bansos BPNT dengan nominal Rp200.000 setiap bulan.

Baca Juga: PKH Lansia dan Disabilitas Cair Juli 2022, Ini Besaran Dana dan Cara Daftar secara Online hanya Pakai HP

Selain itu, KPM juga bakal dapat bansos PKH rutin per tiga bulan dengan nominal teetinggi hingga Rp3 juta.

Nantinya, uang bansos BPNT dan PKH cair Juli 2022 bakal disalurkam langsung pada penerima melalui pembaga penyalur sesuai ketentuan Kemensos.***

Editor: Ramadhan Dwi Waluya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x