BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Segera Cair, Cek Nama Penerima BSU 2022 dengan 2 Cara Berikut

- 21 Agustus 2022, 17:02 WIB
Ilustrasi. BLT Subsidi Gaji atau BSU dipastikan cair tahun 2022 ke para pekerja. Simak cara cek nama penerima dengan 2 cara ini
Ilustrasi. BLT Subsidi Gaji atau BSU dipastikan cair tahun 2022 ke para pekerja. Simak cara cek nama penerima dengan 2 cara ini /Pexels/Chevanon Photography.

PR DEPOK - BLT Subsidi Gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) dipastikan bakal cair tahun 2022 ini kepada 8,8 juta pekerja yang memenuhi syarat.

Kendati belum ada kepastian tanggal cair BSU 2022, namun Kemnaker menyebut jika segala regulasi pencairan sudah siap, maka pekerja bakal menerima BLT Subsidi Gaji Rp500.000 per penerima.

Dalam penyalurannya, BLT Subsidi Gaji bakal diberikan senilai Rp1 juta sekaligus kepada pekerja yang ditetapkan sebagai penerima BSU 2022.

Baca Juga: Info Tanggal Cair PKH Tahap 3 Agustus 2022, Cek Nama Penerima di cekbansos.kemensos.go.id Sekarang!

Penerima BSU 2022 atau BLT Subsidi Gaji senilai Rp1 menurut Menaker Ida Fauziyah bakal diambil dari data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, Ida Fauziyah juga mengatakan bahwa BSU 2022 atau BLT Subsidi Gaji senilai Rp1 juta yang menelan anggaran Rp8,8 triliun ini dirancang untuk pekerja yang memiliki upah di bawah Rp3,5 juta per bulan.

Merujuk penyaluran BLT Subsidi Gaji tahun lalu, syarat pekerja yang menerima BSU yakni sebagai berikut.

Baca Juga: Arti dan Makna Sebenarnya dari Lagu 'Pink Venom' Milik BLACKPINK, Ternyata Bertentangan!

1. Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan & jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral BPJSTK).

2. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP

3. Pekerja/buruh bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp3,5, maka persyaratan gaji/upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh.

Baca Juga: Imbas Melonjaknya Kasus Covid-19 di China, Ikan dan Kepiting Wajib Swab

Pekerja dengan kategori yang memenuhi syarat dapat BSU di 2022 bisa cek statusnya terdaftar sebagai penerima BLT subsidi gaji senilai Rp1 juta atau tidak melalui dua cara, yakni sebagai berikut.

1. Melalui Website

- Kunjungi website kemnaker.go.id

- Daftar akun

Baca Juga: 5 Tersangka Terkumpul, Bareskrim Polri Berencana Gelar Rekonstruksi Kasus Brigadir J

Apabila belum memiliki akun, maka harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor Hp

- Login ke akun

- Lengkapi profil

Lengkapi profil biodata diri berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan dan tipe lokasi

Baca Juga: 6 Penyebab DTKS DKI Jakarta 2022 Tahap 3 Ditolak, Nomor Terakhir Wajib Diperhatikan

- Cek pemberitahuan

Setelah itu, pekerja akan mendapatkan notifikasi terdaftar sebagai penerima BSU 2021 atau BLT Subsidi Gaji sesuai Permenaker Nomor 16 Tahun 2021 atau tidak.

2. Melalui aplikasi BPJSTK Mobile

- Unduh aplikasi BPJSTKU Mobile di Android, iOS, dan BlackBerry

- Lakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN

Baca Juga: Putri Ideolog Radikal Terkemuka Rusia Tewas dalam Ledakan Bom Mobil di Moskow

Syarat registrasi di aplikasi BPJSTKU Mobile antara lain Nomor KPJ (ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK e-KTP, dan tanggal lahir, dan nama

- Setelah terdaftar dan login, peserta dapat mengetahui status kepesertaan BPJAMSOSTEK

- Kemudian pilih di "Kartu Digital"

- Setelah muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, klik di tampilan tersebut, bagian bawah akan terlihat status kepesertaan BPJS TK (aktif/tidak aktif).

Baca Juga: Loker Kemensos Pendamping PKH 2022 Dibuka! Simak Syarat dan Cara Melamar secara Online dan Offline

Apabila merasa memenuhi syarat tapi tak dapat BSU 2022 atau BLT Subsidi Gaji Rp1 juta, pekerja bisa lapor ke pengaduan resmi Kemnaker di link bpjsketenagakerjaan.go.id.

Selain itu, pekerja juga bisa menanyakan info seputar BSU 2022 atau BLT Subsidi Gaji Rp1 juta kepada Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan di nomor (021) 1500-630 setiap Senin- Jumat pukul 8.00-16.00 WIB***

Editor: Ramadhan Dwi Waluya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah