Cara Cek Penerima Bansos PBI JK Online di cekbansos.kemensos.go.id

- 8 September 2022, 15:47 WIB
Ilustrasi rupiah. Dengan akses cekbansos.kemensos.go.id, masyarakat bisa cek penerima bansos PBI JK secara online dan dapatkan bantuan jaminan kesehatan.
Ilustrasi rupiah. Dengan akses cekbansos.kemensos.go.id, masyarakat bisa cek penerima bansos PBI JK secara online dan dapatkan bantuan jaminan kesehatan. /Pixabay/iqbalnuril.

PR DEPOK - Artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara cek penerima bansos Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan atau bansos PBI JK secara online melalui link cekbansos.kemensos.go.id.

Dengan cara cek penerima bansos PBI JK secara online melalui cekbansos.kemensos.go.id, maka masyarakat bakal tahu dirinya termasuk warga yang memperoleh bantuan jaminan kesehatan dari Kemensos dan Kemenkes atau tidak.

Untuk cara cek penerima bansos PBI JK secara online melalui link cekbansos.kemensos.go.id pun terbilang mudah karena bisa dilakukan menggunakan HP yang terkoneksi jaringan internet.

Baca Juga: Cara Cek Nama Penerima Bansos PBI JK 2022 Online di Situs Resmi cekbansos.kemensos.go.id Pakai HP

Namun, sebelum membahas cara cek penerima bansos PBI JK secara online melalui link cekbansos.kemensos.go.id, ada baiknya perlu tahu apa itu bansos PBI JK.

Bansos PBI JK merupakan salah satu bantuan sosial atau bansos atas kerja sama Kemensos dan Kemenkes yang bakal diperoleh penerima dengan mengakses layanan kesehatan secara gratis menggunakan BPJS Kesehatan, tanpa membayar iuran.

Dalam penyalurannya, bansos PBI JK tidak diserahkan langsung ke penerima dalam bentuk uang.

Baca Juga: Masukkan NIK KTP ke Sini untuk Dapatkan Bansos BPNT, PKH, hingga BLT BBM Rp600.000 dari Kemensos

Melainkan, Kemenkes bakal memberikan dana bansos PBI JK langsung ke penyedia layanan kesehatan yang diakses penerima.

Lantaran bansos PBI JK merupakan iuran program jaminan kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu, maka untuk dapat bansos PBI JK ada sejumlah syarat yang berlaku.

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x