Cara Daftar DTKS Kemensos 2023 Online Lewat HP Hanya Pakai KK dan KTP

- 3 Januari 2023, 15:01 WIB
Ilustrasi - Berikut cara daftar DTKS Kemensos 2023 online lewat HP di aplikasi Cek Bansos pakai KK dan KTP agar dapat bantuan PKH hingga BPNT dari pemerintah.
Ilustrasi - Berikut cara daftar DTKS Kemensos 2023 online lewat HP di aplikasi Cek Bansos pakai KK dan KTP agar dapat bantuan PKH hingga BPNT dari pemerintah. /Tangkapan layar YouTube Kemensos RI

PR DEPOK - Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) merupakan basis data yang digunakan Kementerian Sosial (Kemensos) dalam menyalurkan bansos seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), BLT BBM dan bantuan lainnya. 

Kabar baiknya, masyarakat yang merasa kurang mampu bisa mengajukan diri atau mendaftar mandiri ke DTKS Kemensos secara online dengan menggunakan handphone (HP). 

Pendaftaran DTKS Kemensos 2023 secara online tersebut dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos dan hanya membutuhkan berkas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). 

Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara daftar DTKS Kemensos 2023 online lewat HP di aplikasi Cek Bansos hanya pakai KK dan KTP. 

Baca Juga: Cek Data Penerima PIP 2023 Online Lewat pip.kemdikbud.go.id

Data DTKS itu sendiri digunakan Kemensos dalam menyalurkan berbagai bansos, baik bantuan yang biasa disalurkan setiap bulan seperti BPNT atau bantuan lain yang disediakan secara situasional seperti BLT BBM. 

Meski pendaftaran DTKS sebelumnya dilakukan secara manual melalui petugas kelurahan setempat, tetapi kini Kemensos telah menyediakan platform khusus berupa aplikasi Cek Bansos yang bisa digunakan untuk mendaftar bansos secara mandiri. 

Dengan kata lain, masyarakat bisa mendaftar sendiri dengan menggunakan HP untuk dapat memperoleh bansos berupa PKH atau BPNT dari Kemensos. 

Baca Juga: Cek Daftar Nama Penerima BPNT 2023 Online Pakai KTP

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x