Cek Daftar Penerima Bansos 2023 Lewat HP Pakai KTP

- 7 Januari 2023, 19:09 WIB
Ilustrasi - ini dia pemaparan cek daftar penerima bansos 2023 online di cekbansos.kemensos.go.id, hanya pakai HP dan KTP bisa dapat PKH atau BPNT Kartu Sembako tahun ini.
Ilustrasi - ini dia pemaparan cek daftar penerima bansos 2023 online di cekbansos.kemensos.go.id, hanya pakai HP dan KTP bisa dapat PKH atau BPNT Kartu Sembako tahun ini. /ANTARA FOTO/Adwit B Pramono.

PR DEPOK - Sejumlah bantuan sosial (bansos) akan segera disalurkan oleh pemerintah kepada keluarga miskin untuk periode 2023. 

Dua bansos yang kembali digulirkan tahun ini adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH). 

Keluarga yang termasuk dalam kriteria miskin atau rentan miskin bisa memastikan diri terdaftar atau tidak dengan melakukan cek daftar penerima bansos 2023 secara online di website resmi cekbansos.kemensos.go.id. 

Pengecekkan bansos melalui laman cekbansos.kemensos.go.id tersebut sangat mudah karena hanya memanfaatkan perangkat handphone (HP) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

Baca Juga: Cek Penerima BLT Balita 2023 Online Lewat HP, Ada Bansos Rp3 Juta bagi Anak Usia Dini 0-6 Tahun

Sebelum itu perlu diketahui bahwa besaran bansos PKH dan BPNT Kartu Sembako cukup berbeda. 

Sebab masing-masing bansos ini mempunyai ketentuannya seperti PKH yang menyasar keluarga dengan kriteria tertentu, sehingga berpengaruh pada nominal bantuan yang diberikan. 

Misalnya untuk kriteria ibu hamil dan anak usia dini 0-6 tahun mendapat Rp3 juta setahun untuk masing-masingnya, penyandang disabilitas berat dan lansia memperoleh Rp2,4 juta setahun untuk masing-masing kriterianya. 

Baca Juga: Cek Penerima PKH 2023 Online dengan Login cekbansos.kemensos.go.id

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: cekbansos.kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x