Cara Daftar PKH dan BPNT 2023 Online dengan Hanya Modal KK dan KTP

- 18 Januari 2023, 18:13 WIB
Ilustrasi - Simak informasi cara daftar PKH dan BPNT 2023 online lewat aplikasi Cek Bansos hanya pakai KK dan KTP.
Ilustrasi - Simak informasi cara daftar PKH dan BPNT 2023 online lewat aplikasi Cek Bansos hanya pakai KK dan KTP. /Kemensos/

PR DEPOK - Menjelang penyaluran bansos dari Kementerian Sosial (Kemensos), masyarakat sudah bisa mendaftarkan diri secara online di aplikasi Cek Bansos untuk memperoleh Program Keluarga Harapan (PKH) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Pendaftaran bansos PKH dan BPNT 2023 secara online di aplikasi Cek Bansos ini terbilang mudah, karena masyarakat hanya perlu perangkat handphone (HP) dan berkas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). 

Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara daftar PKH dan BPNT 2023 secara online di aplikasi Cek Bansos agar memperoleh bansos dari Kemensos.

Baca Juga: Akses Link cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Nama Penerima PKH dan BPNT 2023 Online

Sebelum lebih jauh membahas cara daftar bansos 2023, perlu diketahui beberapa syarat yang harus dipenuhi peserta untuk bisa mendapat bantuan PKH atau BPNT. 

Syarat pertama yang harus dipenuhi penerima BPNT dan PKH 2023 adalah keluarga termasuk dalam kriteria keluarga miskin atau rentan miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Khusus untuk penerima PKH, masyarakat juga harus memenuhi salah satu kategori mencakup ibu hamil, anak usia dini 0-6 tahun, anak sekolah (SD, SMP, SMA), penyandang disabilitas berat dan lanjut usia (lansia). 

Baca Juga: Cek Daftar Penerima BPNT Januari 2023 Online Pakai KTP di cekbansos.kemensos.go.id

Setelah memenuhi syarat di atas, Anda bisa menyiapkan diri untuk mendaftarkan diri ke DTKS lewat aplikasi Cek Bansos, ikuti tahapan berikut; 

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x