Bukan Emas, 3 Investasi Ini Berada di Urutan Teratas di Indonesia

- 21 Februari 2023, 20:27 WIB
Pixabay/Gert Altmann*
Pixabay/Gert Altmann* /Unsplash/Kanchanara/

PR DEPOK - Masyarakat Indonesia kini sudah banyak mengenal jenis-jenis investasi. Baik melalui pasar modal ataupun melalui pembelian logam mulia. Investor Indonesia sudah banyak yang memahami Pasar Modal, dimana instrumennya mencakup Saham, Obligasi/Sukuk, dan Reksa Dana.

Selain itu, Aset Kripto sudah mulai banyak diminati masyarakat. Bulan Literasi Kripto 2023 sedang berlangsung sepanjang Februari 2023 ini.

Dilansir PikiranRakyat-Depok.com dari ANTARA, Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Frida Adiati mengatakan Aset Kripto kini berada pada urutan ketiga dalam instrumen investasi yang digemari masyarakat Indonesia.

Menurut survei dari Center of Economic of Law Studies (Celios), Aset Kripto ini berada di urutan ketiga dari instrumen investasi yang dimiliki masyarakat Indonesia. Dalam survei tersebut, diketahui bahwa 21 persen responden memiliki investasi Aset Kripto.

Baca Juga: Turki Kembali Diguncang Gempa 6,3 M, Warga Rasakan Bumi Seperti Terbelah

Sementara itu, posisi pertama ditempati oleh investasi jenis Reksa Dana dengan persentase 29,8 persen dan posisi kedua ditempati oleh Investasi Saham dengan persentase 21,7 persen.

Jumlah rata-rata penempatan dana yang dilakukan masyarakat berkisar antara Rp500 ribu hingga Rp1 juta.

Bagi yang belum memiliki 3 jenis investasi tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan pemahaman mengenai Saham, Reksa Dana, dan Kripto sebagai berikut:

1. Reksa Dana

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer, Leo, Virgo Hari Ini dan Besok 21–22 Februari 2023: Hindari Kesalahpahaman

Reksa Dana adalah wadah untuk menghimpun dana investor yang dikelola oleh badan hukum di bawah Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti Saham, Obligasi, dan Instrumen Pasar Uang.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x