Perbedaan Skema Penyaluran Bantuan PKH Juli sampai Desember 2023: Triwulan vs. Dua Bulan

- 23 Agustus 2023, 20:08 WIB
Informasi perbedaan skema penyaluran dana bantuan PKH Juli sampai Desember 2023.
Informasi perbedaan skema penyaluran dana bantuan PKH Juli sampai Desember 2023. /Pixabay/WonderfulBali

PR DEPOK - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Sosial RI telah mengeluarkan Keputusan dengan nomor surat No: 1450/3.4/BS.01.00/8/2023 yang mengatur tentang penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) untuk periode Juli hingga Desember tahun 2023.

 

Salah satu aspek yang menonjol dalam keputusan ini adalah perbedaan skema penyaluran bantuan, yaitu antara skema penyaluran triwulan dan skema penyaluran per dua bulan. Perbedaan tersebut juga tercermin dalam nominal bantuan yang akan diterima oleh keluarga penerima manfaat (KPM) sesuai dengan skema yang berlaku.

Berikut skema baru penyaluran PKH Bulan Juli - Desember 2023, dikutip PikiranRakyat-Depok.com dari kemensos.go.id, ini penjelasannya:

1. Skema Penyaluran Triwulan

Baca Juga: Sinopsis Film 'Drive Hard', Tayang di Trans TV Malam Ini! Saksikan Aksi Balapan, Kejar-Kejaran, dan Intrik

Dalam skema penyaluran bantuan PKH yang berlaku setiap triwulan, KPM akan menerima bantuan dalam jangka waktu tiga bulan sekali. Keputusan ini berlaku bagi lembaga bayar PT Pos. Jadi, dalam kurun waktu Juli hingga Desember 2023, KPM yang tergabung dalam skema penyaluran triwulan akan mendapatkan bantuan sebanyak dua kali, yaitu pada bulan Juli-September dan Oktober-Desember.

Perbedaan Nominal Penyaluran Triwulan

Nominal bantuan yang akan diterima oleh KPM dalam skema penyaluran triwulan ditentukan berdasarkan alokasi bulanan. Dalam hal ini, setiap KPM akan mendapatkan jumlah bantuan yang lebih besar per tiga bulan, mengingat penyaluran dilakukan dalam frekuensi yang lebih rendah. Besaran nominal ini mencerminkan perhitungan untuk memenuhi kebutuhan dasar KPM selama tiga bulan ke depan.

2. Skema Penyaluran Per Dua Bulan

Baca Juga: Diluncurkan Hari Ini, Cek Spesifikasi dan Harga HP Realme 11 NFC

Halaman:

Editor: Tesya Imanisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x