Belum Juga Terima BLT El Nino November 2023? Penuhi Syarat untuk Cairkan Bantuan Rp400.000 di Kantor Pos

- 2 Desember 2023, 18:25 WIB
Ilustrasi BLT El Nino
Ilustrasi BLT El Nino //Instagram.com/@bank_indonesia/

PR DEPOK – Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah proaktif dengan memberikan Bantuan Langsung Tunai atau BLT El Nino sebesar Rp400.000, sebagai respons terhadap dampak krisis yang mungkin timbul akibat fenomena El Nino.

Awalnya diumumkan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani, bahwa BLT ini akan diberikan selama dua bulan, pada November-Desember 2023, dengan besaran bantuan sebesar Rp200.000 per bulan.

Namun, demi efisiensi waktu, pemerintah memutuskan untuk memberikan bantuan ini sekaligus sebesar Rp400.000 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Baca Juga: Rekomendasi 6 Tengkleng Terenak dan Terlaris di Pacitan, Gurih Mlekoh Bikin Ketagihan

Penerima BLT El Nino adalah masyarakat yang terkategori sebagai kelompok miskin dan telah terdaftar sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Sri Mulyani menegaskan bahwa sekitar 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima bantuan ini melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

Bagi masyarakat yang ingin memastikan apakah mereka termasuk penerima BLT El Nino, dapat melakukan pengecekan melalui dua metode, yaitu melalui situs web resmi Kemensos dan aplikasi resmi "Aplikasi Cek Bansos."

Baca Juga: Gencatan Senjara Israel-Hamas Runtuh, Pertempuran di Gaza Memanas Lagi!

Untuk cek melalui situs web, langkah-langkahnya adalah:

Halaman:

Editor: Nur Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x