3 Bansos yang Masih Cair Maret 2024, Apa Saja? Akses cekbansos.kemensos.go.d untuk Cek Nama Penerima

- 4 Maret 2024, 17:45 WIB
3 Bansos yang Masih Cair Maret 2024
3 Bansos yang Masih Cair Maret 2024 /Pixabay.

PR DEPOK – Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam bentuk bantuan sosial (bansos) tunai.

Pada Maret 2024, terdapat beberapa program bansos tunai yang masih cair dan menjadi harapan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Namun, penting untuk dicatat bahwa jadwal pencairan bansos bisa bervariasi di setiap kota atau kabupaten.

Baca Juga: 5 Restoran All You Can Eat yang Wajib Dicoba di Surabaya, Disini Lokasinya

Apa Saja Jenis Bansos Tunai yang Masih Cair pada Maret 2024?

1. Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH adalah program bansos tunai yang diberikan kepada 10 juta KPM. Setiap komponen PKH menerima dana dengan besaran yang berbeda, berkisar antara Rp900.000 hingga Rp3 juta per tahun.

Pencairan dana PKH dilakukan secara berkala, yaitu empat kali dalam setahun atau setiap tiga bulan sekali. Pada Maret 2024, pencairan yang dilakukan merupakan tahap pertama (Januari-Maret).

Baca Juga: Apakah Benar Kartu Prakerja Gelombang 64 Akan Dibuka Minggu Ini? Cek Info dan Estimasi Pendaftarannya di Sini

2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

BPNT diberikan kepada 18,8 juta KPM dengan besaran Rp200.000 per bulan. Namun, dana BPNT dicairkan untuk akumulasi dua bulan sekaligus.

Artinya, setiap dua bulan KPM BPNT mendapatkan bantuan sebesar Rp400.000 atau Rp2,4 juta per tahun. Seperti PKH, pencairan dana BPNT dilakukan melalui beberapa bank dan PT. Pos Indonesia.

Halaman:

Editor: Nur Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah