Agar Tak Khawatir Masalah Kesehatan Saat Santap Hidangan Iduladha, Begini Tips Memasaknya

- 31 Juli 2020, 19:47 WIB
Ilustrasi olahan daging kurban menjadi tongseng kambing. /resepkoki.id

PR DEPOK - Sebagian orang menyukai hidangan khas Iduladha semisal gulai daging kambing, sapi, sate, dan lainnya.

Namun, beberapa orang juga memiliki kekhawatiran ketika akan memakannya terutama setelah khawatir masalah kesehatan semisal tekanan darah, kolesterol buruk naik mendadak hingga masalah pencernaan usai menyantap sajian ini.

Agar masalah ini tidak terjadi, sebaiknya perhatikan porsi Anda. Pada sajian rendang daging misalnya Nutrition & Wellness Consultant Nutrifood, Moch. Aldis R menyarankan Anda mengurangi bumbunya.

Baca Juga: Djoko Tjandra Ditangkap, ICW: Ini Momentum Jokowi untuk Evaluasi Lembaga Penegak Hukum 

Hal serupa juga bisa Anda lakukan pada hidangan gulai yang biasanya menggunakan santan. Anda bisa tetap menyantap gulai dari porsi tak berlebihan dan mengurangi kuahnya.

loading...

Spesialis Kedokteran Keluarga dari Canadian Hospital, Dubai, Dr Bobomurod Kadyrov seperti dilansir dari Antara mengatakan bahwa berlebihan mengonsumsi makanan kaya lemak dan protein bisa menyebabkan mual, muntah, dan diare karena mengganggu sistem pencernaan.

Makanan berbahan daging yang dimasak dengan minyak dan rempah-rempah membutuhkan waktu delapan hingga 12 jam untuk dicerna.

Menurut dia, jangan mengonsumsi lebih dari 100 gram daging per sajian. Maksimal porsi daging Anda 200 gram antara dua waktu makan.

Baca Juga: Polisi Sempat Diragukan Bisa Tangkap Djoko Tjandra, Pengamat: Ini Kado HUT Kemerdekaan Indonesia 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X