Demi Menangkal Virus Corona, Tiongkok Mulai Uji Coba Formula Vaksin

- 25 Februari 2020, 14:19 WIB
DOKTER patologi memeriksa sampel media pembawa virus corona untuk penelitian di Laboratorium Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis 6 Februari 2020.8

PIKIRAN RAKYAT - Penyebaran virus corona baru telah mencapai tingkat yang sangat mengkhawatirkan lantaran jumlah orang yang terinfeksi terus bertambah.

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari situs The Korea Herald pada Selasa, 25 Februari 2020, hingga kini jumlah terinfeksi mencapai 77.153 ribu orang dan jumlah kematian mencapai 2.594 ribu orang.

Saat ini penyebaran bukan hanya terjadi dengan cepat di daratan Tiongkok saja, tetapi juga meluas ke beberapa negara di dunia. Beberapa negara seperti Iran, Korea Selatan, Italia, dan Jepang tengah mengalami peningkatan kasus yang cukup tinggi.

Hingga kini masih belum ada vaksin yang bisa membunuh virus corona, tetapi percobaan masih terus dilakukan di berbagai negara.

Baca Juga: Pulau Sebaru, Eks Lokasi Rehabilitasi Narkoba yang Akan Dijadikan Lokasi Karantina 266 WNI Kapal Diamond Princess 

loading...

Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian menyebut pihaknya tengah melakukan uji coba terhadap sejumlah formula vaksin. Langkah itu diharapkan dapat menjadi penangkal virus corona.

"Hingga saat ini, terdapat sejumlah formula yang sedang kami uji coba pada hewan dan kami berharap proses tersebut akan berlangsung kurang dari satu tahun, mungkin dua atau tiga bulan, untuk mendapatkan vaksin yang dapat diuji coba terhadap pasien (manusia)," ungkap Dubes, Xiao yang dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari galamedia.

Dia meyakini dengan adanya vaksin, merupakan upaya paling efektif untuk mencegah penyebaran virus tersebut, namun upaya pembuatan vaksin baru harus melalui proses yang sangat terukur dan kompleks. Meski demikian, Xiao mengatakan para dokter dan ilmuwan di Tiongkok telah membuat kemajuan dalam usaha tersebut.

Selain itu, para dokter tersebut juga berusaha untuk memperbaiki formula yang sudah ada dan metode pengobatan lain bagi mereka yang telah terjangkit, berdasarkan beberapa obat-obatan yang telah terbukti efektif dalam melawan virus corona ini.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: THE KOREA HERALD

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X