AS Loloskan Paket Bantuan untuk Tiga Negara, Ukraina dan Israel Dikirim Miliaran Dolar

- 21 April 2024, 06:45 WIB
Potret Gedung Putih - AS meloloskan paket bantuan keamanan untuk tiga negara, termasuk untuk Ukraina dan Israel senilai miliaran dolar.
Potret Gedung Putih - AS meloloskan paket bantuan keamanan untuk tiga negara, termasuk untuk Ukraina dan Israel senilai miliaran dolar. /Pixabay./

PR DEPOK - Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (DPR AS) dengan dukungan bipartisan yang luas telah meloloskan paket legislatif senilai miliaran dolar yang memberikan bantuan keamanan kepada Ukraina, Israel dan Taiwan.

Bantuan itu diberikan AS untuk ketiga negara meskipun terdapat penolakan keras dari kelompok garis keras Partai Republik.

Undang-undang tersebut diajukan pada hari Sabtu ke Senat yang mayoritas penduduknya Partai Demokrat, yang mengesahkan tindakan serupa lebih dari dua bulan lalu, seperti dilansir dari Al Jazeera.

Para pemimpin AS mulai dari Presiden Partai Demokrat Joe Biden hingga anggota Senat dari Partai Republik Mitch McConnell telah mendesak Ketua DPR dari Partai Republik, Mike Johnson, untuk mengajukan usulan tersebut dalam pemungutan suara.

Baca Juga: 8 Kata-Kata Ucapan Hari Kartini 2024 untuk Caption FB dan IG, Singkat tapi Menginspirasi

Senat diperkirakan akan meloloskan undang-undang tersebut minggu depan dan mengirimkannya ke Biden untuk ditandatangani menjadi undang-undang.

RUU tersebut menyediakan sekitar 61 miliar dollar atau sekitar Rp989 triliun untuk mengatasi konflik di Ukraina, termasuk untuk mengisi kembali senjata, persediaan, dan fasilitas AS; 26 miliar dolar atau setara Rp420 triliun untuk Israel, termasuk untuk kebutuhan kemanusiaan; dan 8 miliar dollar atau setara Rp100 triliun untuk Asia Pasifik, termasuk Taiwan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyampaikan rasa terima kasihnya, dengan mengatakan bahwa anggota parlemen AS bergerak untuk menjaga sejarah di jalur yang benar dengan mendukung negaranya setelah negara itu diinvasi oleh Rusia.

Baca Juga: Kapan KLJ Tahap 2 2024 Cair di Bank DKI? Cek Estimasi Jadwal dan Info Updatenya di Sini

Halaman:

Editor: Linda Agnesia

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah