Mahfud MD Kenang Dewas KPK Artidjo Alkostar, Sosok yang Membuatnya Bertekad Jadi Aktivis Penegak Hukum

- 28 Februari 2021, 22:41 WIB
Mantan Hakim Agung dan Anggota Dewan Pengawas KPK Artidjo Alkostar meninggal dunia. /Kepala Staf Kepresidenan (KSP)/

PR DEPOK - Kepergian mendadak anggota Dewan Pengawas KPK Artidjo Alkostar pada Minggu 28 Februari 2021 siang menyisakan duka mendalam khususnya bagi para tokoh yang berkecimping di dunia hukum, tak terkecuali Mahfud MD.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku kehilangan sosok Artidjo.

"Kita ditinggalkan lagi oleh seorang tokoh penegak hukum yg penuh integritras. Mantan hakim agung Artidjo yg kini menjabat sbg salah seorang Dewan Pengawas KPK telah wafat siang ini (Minggu, 28/2/2021). Inna lillah wainna ilaihi raji'un. Allahumma ighfir lahu" tulis Mahfud MD melalui akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd.

Baca Juga: Karier Dewas KPK Artidjo Alkostar, Dijuluki Penjaga Marwah Antikorupsi yang Pernah Tolak Kasasi Akil Mochtar

Mahfud MD mengungkapkan bahwa ia mengenal pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung itu sejak menjadi dosen di Fakultas Hukum UII Yogyakarta tepatnya pada tahun 1978.

Baginya, Artidjo adalah sosok yang sangat menginspirasinya untuk menjadi dosen sekaligus aktivis penegakan hukum dan demokrasi.

"Pada 1990/1991 saya dan Mas Artidjo sama2 pernah menjadi visiting scholar (academic researvher) di Columbia University, New York. RIP, Mas Ar," tulis Mahfud MD.

Baca Juga: Minta Kader Tak Bersikap Rakus, Ketua DPD PDIP Jateng: Orang Baik di Politik Tak Cukup, Dapat Kuasa Bisa Lupa

Tak hanya Mahfud MD, ucapan belasungkawa juga datang dari penyidik KPK Novel Baswedan.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X