Proses Seleksi PPG Prajabatan 2024: Jadwal dan Tahapan Penting

- 5 April 2024, 12:00 WIB
Pembukaan Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024
Pembukaan Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024 /

PR DEPOK - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tengah membuka proses seleksi penerimaan calon Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Tahun 2024. Program ini dirancang untuk mempersiapkan individu menjadi guru yang berkualitas, siap mengabdi dalam dunia pendidikan.

Terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon mahasiswa PPG Prajabatan 2024. Mereka harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), belum terdaftar sebagai Guru/Kepala Sekolah dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik), dan berusia maksimal 32 tahun pada akhir tahun pendaftaran.

Selain itu, para calon juga diharuskan memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani, surat keterangan berkelakuan baik, serta surat keterangan negatif terhadap penggunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA).

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sate Terkenal Lezat dan Nikmat di Depok Untuk Buka Puasa Ramadhan 2024 Paling Mantap

Mereka juga diwajibkan untuk menandatangani pakta integritas dan mengikuti tahapan seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi, tes substantif, dan tes wawancara. Persyaratan lainnya meliputi memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV), dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tidak kurang dari 3,00.

Bidang studi yang tersedia dalam PPG Prajabatan 2024 sangat beragam, mencakup baik bidang umum maupun kejuruan. Di antara bidang studi umum yang ditawarkan adalah Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk bidang studi kejuruan, terdapat pilihan seperti Agribisnis Perikanan, Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, Teknik Elektronika, dan masih banyak lagi.

Proses seleksi PPG Prajabatan 2024 akan dilaksanakan dalam beberapa tahap. Tahapan-tahapan tersebut mencakup pendaftaran seleksi calon mahasiswa, pengumuman kelulusan seleksi administrasi, pelaksanaan tes substantif, pengumuman kelulusan tes substantif, pelaksanaan tes wawancara, hingga pengumuman akhir kelulusan seleksi.

Baca Juga: Tempat Bukber Enak dan Nyaman di Depok, Harga Menunya Bersahabat!

Halaman:

Editor: Dini Novianti Rahayu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah