BPNT Kartu Sembako, PKH, BLT Dana Desa Cair Tunai di Maret 2022, Cek Daftar Penerima Lewat Aplikasi Cek Bansos

- 1 Maret 2022, 19:50 WIB
Ilustrasi bantuan sosial.
Ilustrasi bantuan sosial. /Aprillio Akbar/Antara

PR DEPOK – Pemerintah menyalurkan sejumlah bantuan sosial atau bansos di tahun 2022 seperti program keluarga harapan (PKH), BPNT/Kartu Sembako, dan bantuan langsung tunai atau BLT untuk masyarakat desa (BLT Dana Desa).

Masyarakat yang tergolong sebagai penerima manfaat, bisa cek daftar penerima bansos melalui aplikasi yang sudah disiapkan pemerintah guna memastikan status pencairan BPNT/Kartu Sembako, PKH, dan BLT Dana Desa.

Sebelum membahas cara cek daftar penerima bansos di aplikasi, perlu diketahui bahwa BPNT/Kartu Sembako, PKH, BLT Dana Desa akan diberikan dalam bentuk tunai.

Baca Juga: Usaha Anyaman Bambu Bantu Single Mother Sekolahkan Anak

Sebelumnya, hanya bantuan PKH, BLT Dana Desa yang diberikan secara tunai, tetapi pemerintah memutuskan agar penyaluran bansos BPNT/Kartu Sembako juga diberikan secara tunai.

Keputusan pemberian bansos secara tunai merupakan tindak lanjut atas arahan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat penyaluran bansos bagi masyarakat di 2022.

Terkait hal ini, Kementerian Sosial (Kemensos) sebagai penyelenggara program ini mulai mencairkan bansos PKH dan BPNT/Kartu Sembako 2022 pada Februari.

Baca Juga: Dua Pemuda Palestina Meninggal Akibat Serangan Brutal Israel, Ratusan Warga Berduyun-duyun Ikut Memakamkan

Untuk bansos PKH pencairannya di bank-bank Himbara, sedangan BPNT/Kartu Sembako melalui Kantor Pos.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: Kemensos Indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x