Daftar Penerima BPNT Juni 2022 Ada di Link Ini, Akses cekbansos.kemensos.go.id tuk Cairkan Bantuan Sembako

- 19 Juni 2022, 19:08 WIB
Langsung akses cekbansos.kemensos.go.id untuk cairkan bantuan sembako Rp2,4 juta. Pasalnya, daftar penerima BPNT Juni 2022 ada di link Kemensos tersebut./Tangkap layar situs cek bansos.
Langsung akses cekbansos.kemensos.go.id untuk cairkan bantuan sembako Rp2,4 juta. Pasalnya, daftar penerima BPNT Juni 2022 ada di link Kemensos tersebut./Tangkap layar situs cek bansos. /

PR DEPOK - Melalui Kemensos, pemerintah masih belum berhenti menyalurkan sejumlah bansos pada Juni 2022 ini, termasuk Bantuan Pangan Non-Tunai atau BPNT.

Masyarakat pun bisa langsung akses cekbansos.kemensos.go.id untuk cek nama penerima BPNT Juni 2022 di link Kemensos tersebut untuk cairkan bantuan sembako hingga Rp2,4 juta.

Untuk cek nama penerima BPNT Juni 2022 di link cekbansos.kemensos.go.id agar bisa cairkan bantuan sembako Rp2,4 juta, masyarakat hanya perlu akses situs khusus tersebut cukup pakai nama KTP.

Baca Juga: Cara Daftar BPNT Kartu Sembako Online agar Dapat Bantuan Rp2,4 Juta Setahun

Dengan langsung akses link cekbansos.kemensos.go.id pakai nama KTP, maka penerima BPNT Juni 2022 bakal muncul.

Namun sebelum akses link cekbansos.kemensos.go.id untuk cek nama penerima BPNT Juni 2022 pakai KTP, masyarakat harus terdaftar dulu di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS Kemensos.

Untuk diketahui, DTKS Kemensos ini merupakan data yang memuat warga dengan kesejahteraan sosial rendah, termasuk masyarakat yang nantinya sebagai penerima BPNT Juni 2022.

Baca Juga: Kenapa BPUM 2022 Belum Cair? Begini Penjelasan Terbaru Kemenkop UKM soal BLT UMKM Rp600 Ribu

Agar terdaftar di DTKS Kemensos ini, masyarakat harus memenuhi sejumlah syarat yang ditentukan Kemensos.

Apabila syarat daftar DTKS Kemensos sudah dipenuhi, masyarakat bisa segera mendaftarkan diri secara online dengan mengikuti langkah berikut.

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan yakni masuk ke aplikasi Cek Bansos yang sebelumnya telah diunduh di Play Store.

Baca Juga: Penularan Kian Bertambah, Covid-19 DKI Jakarta Tembus 733 Kasus

2. Langkah kedua segera daftar akun terlebih dahulu jika belum memiliki.

3. Jika masyarakat sudah memiliki akun, maka bisa segera login dengan akun yang dimiliki.

4. Langkah berikutnya, pilih menu 'Daftar Usulan'.

5. Setelah itu, masukkan identitas yang diminta ke dalam kolom.

Baca Juga: Selangkah Lagi Gabung Persija Jakarta, Michael Krmencik Beri Kode di Media Sosial

6. Selanjutnya pilih bantuan sosial yang diinginkan, misalnya BPNT.

7. Langkah terakhir pilih menu 'Daftar Usulan'.

Setelah melakukan daftar DTKS Kemensos, masyarakat bisa langsung cek nama penerima bansos 2022 untuk mengetahui apakah dirinya dapat BPNT Juni 2022.

Baca Juga: Cara Daftar PKH 2022 Online di Aplikasi Cek Bansos, Modal KTP Bisa Dapat Uang Tunai hingga Rp3 Juta

Cara Cek Nama Penerima BPNT 2022 Online Pakai

Tahap awal yang perlu dilakukan saat cek nama penerima BPNT Juni 2022 yakni klik link cekbansos.kemensos.go.id pakai HP.

Selanjutnya, segera input nama Provinsi atau Kabupaten atau Kota, Kecamatan dan Desa. Kemudian, input data diri sesuai NIK KTP.

Tahap selanjutnya, segera masukkan delapan huruf kode unik (dipisahkan spasi) yang disediakan dalam kotak.

Baca Juga: Sibuk Bekerja? Inilah Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan di Kantor

Jika huruf kode unik yang tertera di layar kurang jelas, maka bisa segera ulangi lagi untuk mendapatkan kode baru.

Tahap terakhir saat cek nama penerima BPNT 2022, yakni klik tombol Cari Data.

Apabila semua langkah di atas telah dilakukan, tunggu hingga link cekbansos.kemensos.go.id menampilkan hasil sesuai dengan data KTP telah yang diinput.

Nama yang terdaftar sebagai penerima BPNT 2022, maka bakal muncul keterangan nama, wilayah, dan periode kapan bansos cair.

Baca Juga: Masukkan Data KTP ke Link Berikut untuk Cek Daftar Penerima PKH 2022 Online

Nama yang tertera setelah akses cekbansos.kemensos.go.id bisa segera cairkan dana BPNT Juni 2022 yang disalurkan melalui agen, Bank Himbara, maupun Kantor Pos.

Sebagai informasi, BPNT merupakan program bantuan pangan non-tunai yang disalurkan pemerintah melalui Kemensos secara reguler setiap bulan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Pemerintah menggulirkan program BPNT yakni untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan penerima bantuan yang merupakan masyarakat dari golongan kurang mampu.

Baca Juga: Jadwal, Harga, dan Cara Beli Tiket Jakarta Fair 2022 pada Senin, 20 Juni secara Online, Ada Jason Ranti

Adapun besaran dana BPNT, termasuk untuk Juni 2022 yang disalurkan pemerintah Kemensos kepada masyarakat yang berhak yakni Rp200.000 setiap bulan per penerima atau setara Rp2,4 juta dalam setahun.

Dana BPNT 2022 yang sudah diambil bisa langsung dibelikan kebutuhan pangan di agen atau e-waroeng yang sebelumnya telah ditunjuk Kemensos.

Kebutuhan pangan yang bisa dibeli masyarakat dari BPNT ini awalnya hanya terdiri dari beras dan telur. Namun saat ini ada tambahan ayam, daging, dan buah.

Melalui program BPNT 2022 ini, pemerintah dan Kemensos selaku penyalur berharap agar kebutuhan pangan dan gizi masyarakat penerima bisa terpenuhi.***

Editor: Nur Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah