Cus Login cekbansos.kemensos.go.id Pakai Nama KTP, Ada PKH dan BPNT Kartu Sembako yang Masih Cair Juni 2022

- 19 Juni 2022, 15:36 WIB
Ilustrasi - Cus login cekbansos.kemensos.go.id pakai nama KTP karena ada Bansos PKH dan BPNT Kartu Sembako yang masih cair Juni 2022./
Ilustrasi - Cus login cekbansos.kemensos.go.id pakai nama KTP karena ada Bansos PKH dan BPNT Kartu Sembako yang masih cair Juni 2022./ /Tangkap layar cekbansos.kemensos.go.id.

PR DEPOK - Diketahui bersama, hingga Juni 2022 ini pemerintah melalui Kemensos masih melanjutkan penyaluran sejumlah bantuan sosial, termasuk bansos PKH dan BPNT Kartu Sembako.

Adapun nama penerima bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako yang masih cair Juni 2022 ini bisa diketahui dengan login cekbansos.kemensos.go.id pakai KTP.

Meskipun begitu, banyak masyarakat yang bertanya bagaimana cara cek nama penerima bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako pakai nama KTP yang masih cair Juni 2022 ini.

Baca Juga: Cara Daftar BLT Anak Sekolah 2022, Ada Bantuan Rp4,4 Juta untuk Siswa SD, SMP, dan SMA

Menjawab pertanyaan tersebut, artikel ini bakal mengulas mengenai cara cek nama penerima bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako yang masih cair Juni 2022 pakai nama KTP secara online dengan login cekbansos.kemensos.go.id.

Masyarakat sebenarnya tidak perlu bingung karena cara cek nama penerima bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako yang masih cair Juni 2022 sangat mudah.

Masyarakat cukup login link cekbansos.kemensos.go.id pakai nama KTP untuk mengetahui nama penerima bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako yang masih cair Juni 2022.

Baca Juga: Bansos PKH Bisa Diambil Kapan Saja? Simak Jadwal Pencairan dan Cara Cek Nama Penerima di Link Berikut

Dengan login cekbansos.kemensos.go.id pakai nama KTP, maka nama penerima bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako yang masih cair Juni 2022 ini bakal muncul.

Sebelum masyarakat cek nama penerima bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako, harus dipastikan bahwa dia sudah memenuhi syarat dapat kedua bansos tersebut sesuai ketentuan Kemensos.

Adapun syarat dapat bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako di antaranya merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI yang tergolong masyarakat miskin atau rentan.

Baca Juga: Quotes atau Ucapan Hari Ayah Sedunia 2022 Bahasa Inggris dengan Terjemahan Indonesia, Indah dan Menyentuh

Selain itu, agar dapat bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako yang masih cair Juni 2022 juga harus orang yang terdampak Covid-19, sehingga kehilangan pekerjaan karena kena PKH.

Terdaftar di Data Terpadu Kesehahteraan Sosial atau DTKS Kemensos merupakan syarat penting bila ingin dapat bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako cair Juni 2022.

Syarat penting lain apabila ingin dapat bantuan PKH dan BPNT yang masih cair Juni 2022 ini, yakni bukan termasuk anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri.

Baca Juga: Media Asing Soroti RUU KUHP Indonesia, Sebut Berpotensi Timbulkan Krisis Hukum

Bukan penerima bantuan lain dari pemerintah juga syarat penting agar dapat bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako yang masih cair Juni 2022.

Jika syarat tersebut sudah dipenuhi, maka masyarakat bisa segera cek apakah namanya terdaftar sebagai penerima bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako tidak.

Cara Cek Nama Penerima Bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk cek nama penerima bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako yang masih cair Juni 2022, yakni segera login cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Erik ten Hag Bantah Rumor Cristiano Ronaldo Hengkang dari Manchester United

Selanjutnya, segera input nama Provinsi atau Kabupaten atau Kota, Kecamatan dan Desa. Kemudian, masukkan data diri sesuai NIK KTP.

Langkah berikutnya, segera masukkan delapan huruf kode unik (dipisahkan spasi) yang disediakan dalam kotak.

Jika huruf kode unik yang tertera di layar kurang jelas, maka bisa segera ulangi lagi untuk mendapatkan kode baru.

Baca Juga: Sejarah Hari Ayah Sedunia 2022 Berbeda dengan Hari Ayah Nasional di Indonesia, Berikut Penjelasannya

Langkah terakhir saat cek nama penerima bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako yang masih cair Juni 2022, yakni klik tombol Cari Data.

Jika semua langkah di atas telah dilakukan, tunggu hingga link cekbansos.kemensos.go.id menampilkan hasil sesuai dengan data KTP telah yang diinput.

Apabila masyarakat terdaftar sebagai penerima bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako, maka bakal muncul keterangan nama, wilayah, dan periode kapan bansos cair.

Baca Juga: AS Izinkan Penggunaan Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia di Bawah 5 Tahun Termasuk Bayi 6 Bulan

Nama yang muncul tak perlu menunggu lama lagi untuk mengambil uang bantuan PKH dan BPNT Kartu Sembako usai ada pemberitahuan bahwa bansos sudah bisa diambil.

Uang bantuan PKH yang masih cair Juni 2022 tersebut bakal diterima oleh ibu hamil dan balita, siswa SD hingga SMA, lansia, dan penyandang difabel dengan nominal dana berbeda-beda.

Sedangkan untuk BPNT Kartu Sembako juga bakal diterima langsung oleh penerima dan bisa segera dibelanjakan bahan sembako berupa beras, telur, ayam, daging hingga buah di agen atau e-waroeng yang ditunjuk Kemensos.***

Editor: Nur Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah