Apakah Bansos PBI 2022 Bisa Dicairkan? Simak Penjelasan, Cara Cek Penerima, hingga Besaran Dana

- 24 Juni 2022, 18:48 WIB
Berikut ini merupakan penjelasan tentang cara cek penerima bansos PBI yang sudah cair, login di laman resmi, dapatkan bantuan BPJS.
Berikut ini merupakan penjelasan tentang cara cek penerima bansos PBI yang sudah cair, login di laman resmi, dapatkan bantuan BPJS. /Dok. Kemenkes.

PR DEPOK - Bantuan sosial PBI 2022 apakah bisa dicairkan tunai, dalam artikel ini bisa Anda simak penjelasan, cara cek penerima, hingga besaran dana yang akan disalurkan.

Beberapa orang saat ini mungkin masih bertanya-tanya, terkait dengan apakah bansos PBI 2022 bisa cair secara tunai, karena bantuan sosial tersebut merupakan program dari DTKS Kemensos.

Sebagai informasi, bansos PBI 2022 adalah "Penerima Bantuan Iuran", yang ditujukan untuk para peserta Jaminan Kesehatan yang kurang mampu.

Baca Juga: Simak 7 Langkah bagi Calon Mahasiswa yang Ingin Daftar KIP Kuliah

Namun, untuk mendapatkan program bansos tersebut dari Pemerintah, masyarakat atau peserta BPJS Kesehatan harus terlebih dulu terdaftar dalam DTKS Kemensos.

Bansos PBI ini disalurkan untuk membantu masyarakat kurang mampu, yang kesulitan membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan.

Sedangkan, untuk besaran dana yang disalurkan, bansos PBI 2022 ini kabarnya senilai Rp42.000 per bulan.

Baca Juga: Login pip.kemdikbud.go.id untuk Cek Penerima PIP Online, Ada Bantuan Rp2,2 Juta Bagi Siswa SD hingga SMA

Meskipun termasuk dengan program DTKS Kemensos, bansos PBI ini berbeda dengan jenis bansos lainnya seperti BPNT, PKH, dan BST, bantuan sosial jenis PBI tidak bisa dicairkan tunai dan tidak akan masuk ke rekening pribadi penerimanya.

Halaman:

Editor: Nur Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x