Cek Status Penerima BLT Subsidi Gaji di Link Kemnaker, Cair ke Pekerja yang Penuhi Syarat Berikut

- 21 Agustus 2022, 20:45 WIB
Ilustrasi - BLT Subsidi Gaji Rp1 juta atau BSU 2022 bakal dicairkan Kemnaker ke pekerja yang telah memenuhi syarat berikut.
Ilustrasi - BLT Subsidi Gaji Rp1 juta atau BSU 2022 bakal dicairkan Kemnaker ke pekerja yang telah memenuhi syarat berikut. /Unsplash/solimonster.

PR DEPOK - Segera cek status BLT Subsidi Gaji di sini karena bantuan yang disalurkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bakal cair ke pekerja yang telah memenuhi syarat tertentu.

Diketahui bersama, Pemerintah melalui Kemnaker memastikan bahwa BLT Subsidi Gaji tahun ini bakal disalurkan kepada pekerja yang telah memenuhi syarat.

Nominal BLT Subsidi Gaji yang bakal diterima pekerja yang memenuhi syarat dapat BSU 2022 yakni sejumlah Rp500.000 dan bakal diberikan sekaligus senilai Rp1 juta per penerima.

Baca Juga: Jadwal Tayang dan Sinopsis Drakor Little Women, Perjuangan Tiga Kakak Beradik Melawan Keluarga Kaya

Pekerja yang akan mencairkan BLT Subsidi Gaji senilai Rp1 juta harus memastikan statusnya terlebih dahulu di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Seperti diketahui, sso.bpjsketenagakerjaan.go.id merupakan link yang bakal menampilkan status pekerja terdaftar dan tidaknya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pasalnya, menurut keterangan Menaker Ida Fauziyah, penerima BLT Subsidi Gaji atau BSU 2022 bakal diambil dari data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan demikian, pekerja diimbau untuk mengakses sso.bpjsketenagakerjaan.go.id agar bisa segera tahu statusnya di BPJS Ketenagakerjaan dan mencairkan BSU 2022.

Baca Juga: Data Penerima PKH dan BPNT Agustus 2022 Bisa Diakses di Sini, Login Sekarang dan Dapatkan Bansos Rp750.000

Berikut tata cara cek status agar bisa mencairkan BLT Subsidi Gaji atau BSU 2022 berdasarkan penyaluran tahun sebelumnya.

1. Segera akses situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

2. Apabila belum terdaftar, segera registrasi dengan cara:

- Pilih menu registrasi

- Isi formulir sesuai dengan data, berupa nomor KPJ aktif, nama, tanggal lahir, nomor e-KTP, nama ibu kandung, dan nomor ponsel dan email

Baca Juga: Cacar Monyet Masuk Indonesia, Simak Gejala, Cara Penularan dan Langkah Pencegahan

- Apabila berhasil, maka pekerja akan mendapatkan PIN

- PIN dikirim melalui email dan SMS dari nomor ponsel yang didaftarkan.

3. Jika sudah terdaftar, pekerja bisa langsung melakukan proses pengecekan status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, dengan cara:

- Masuk ke sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, lalu masukkan alamat e-mail dan kata sandi

- Pilih menu layanan, lalu pilih Kartu Digital

Baca Juga: Polisi Jerman Periksa Mahoud Abbas, Buntut Sebut Israel Pelaku '50 Holocaust' di Palestina

- Klik di tampilan tersebut, yang mana bagian bawah bakal menampilkan status kepersertaan (aktif/tidak aktif).

Kendati saat ini Kemnaker belum memutuskan BLT Subsidi Gaji bakal diberikan kepada pekerja dengan kategori seperti apa, namun Ida Fauziyah pernah menuturkan jika BSU 2022 dirancang untuk pekerja dengan upah di bawah Rp3,5 juta per bulan.

BLT Subsidi Gaji yang direncanakan bakal menyasar 8,8 juta pekerja ini juga yang berasal dari data peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui seleksi ketat agar BSU 2022 tepat sasaran.

Baca Juga: Cek BPNT Rp200.000 yang Cair Agustus 2022 Lewat cekbansos.kemensos.go.id

Dengan anggaran Rp8,8 triliun, BLT Subsidi Gaji senilai Rp1 juta juga bakal disalurkan kepada pekerja yang telah memenuhi syarat sebagai berikut, merujuk pengaluran BSU tahun sebelumnya.

1. WNI atau Warga Negara Indonesia ber-KTP sah dan tercatat di Dukcapil

2. Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan & jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral BPJSTK).

Baca Juga: Informasi Cara Cek Penerima Bansos PKH Tahap 3 Agustus 2022 Melalui cekbansos.kemensos.go.id

Pekerja tinggal bersiap-siap lantaran saat ini Kemnaker dikabarkan tengah menyiapkan seluruh instrumen kebijakan pelaksanaan BSU 2022.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan bahwa BLT Subsidi Gaji dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat, dan akuntabel.

Kemnaker juga tengah menyiapkan beberapa hal lain seperti merampungkan regulasi teknis BSU 2020, mengajukan dan merevisi anggaran bersama Kemenkeu.

Baca Juga: BPNT 2022 Sedang Cair, Simak Cara Mudah Cek Nama Penerima di cekbansos.kemensos.go.id Pakai KTP

"Serta yang tidak kalah penting adalah mereviu data calon penerima BSU 2022 bersama BPJS Ketenagakerjaan, dan berkoordinasi dengan pihak Himbara selaku bank penyalur," kata Ida, dikutip dari Antara.***

Editor: Ramadhan Dwi Waluya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah