Cek Nama Penerima Bansos 2023 Online Pakai HP dan KTP

- 25 Januari 2023, 17:27 WIB
Ilustrasi - Berikut penjelasan cek nama penerima bansos 2023 online pakai HP dan KTP di cekbansos.kemensos.go.id untuk dapat bantuan PKH, BPNT atau PBI JK dari Kemensos.
Ilustrasi - Berikut penjelasan cek nama penerima bansos 2023 online pakai HP dan KTP di cekbansos.kemensos.go.id untuk dapat bantuan PKH, BPNT atau PBI JK dari Kemensos. /ANTARA FOTO/Aswaddy.

PR DEPOK - Melalui Kementerian Sosial (Kemensos), pemerintah dikabarkan akan segera menggulirkan sejumlah bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat kurang mampu pada tahun 2023 ini. 

Beberapa bansos yang kemungkinan akan kembali berlanjut pada 2023 adalah Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK). 

Ketiga bansos di atas sama-sama diberikan kepada keluarga miskin dengan ketentuan tertentu dan dapat dicek secara online penerimanya melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. 

Bagi yang ingin memastikan, simak artikel ini untuk mengetahui cara cek nama penerima bansos 2023 secara online pakai handphone (HP) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

Baca Juga: Login cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Penerima Bansos Kemensos 2023 secara Online

Terdapat beberapa ketentuan yang harus dipenuhi sebelum memperoleh bansos dari Kemensos tahun 2023, khususnya untuk bantuan PKH dan PBI JK. 

PKH merupakan bansos yang menyasar keluarga miskin dengan kriteria tertentu seperti ibu hamil, anak usia dini 0-6 tahun, anak sekolah, penyandang disabilitas berat dan lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun. 

Sementara itu, PBI JK merupakan bantuan berupa iuran yang dibayarkan Kemensos kepada BPJS Kesehatan untuk membantu biaya pengobatan keluarga miskin. 

Baca Juga: Login cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Bansos 2023 Online Pakai KTP

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x