Cara Cek Penerima Bansos 2023 Online dengan Login cekbansos.kemensos.go.id

- 31 Januari 2023, 14:03 WIB
Ilustrasi - Berikut cara cek penerima bansos 2023 online dengan login cekbansos.kemensos.go.id untuk dapat bantuan BPNT, PKH atau PBI JK dari Kemensos.
Ilustrasi - Berikut cara cek penerima bansos 2023 online dengan login cekbansos.kemensos.go.id untuk dapat bantuan BPNT, PKH atau PBI JK dari Kemensos. /Pixabay/

PR DEPOK - Menjelang Februari 2023, Kementerian Sosial (Kemensos) tampaknya akan segera menyalurkan sejumlah program bantuan sosial (bansos) seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK).

Ketiga program bansos di atas hanya diberikan Kemensos kepada keluarga miskin atau rentan miskin yang sebelumnya sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Bagi masyarakat yang masih bingung terkait data DTKS untuk penerima bantuan 2023, Anda dapat menyimak artikel ini sampai selesai karena akan membahas cara cek penerima bansos secara online dengan login di laman cekbansos.kemensos.go.id. 

Dengan mengakses laman cekbansos.kemensos.go.id tersebut, Anda akan mengetahui data penerima bansos PKH, BPNT atau PBI JK periode 2023. 

Baca Juga: Cara Cek Bansos Kemensos 2023 di Link Resmi cekbansos.kemensos.go.id

Sebelum membahas lebih jauh terkait pengecekkan bansos 2023, perlu diketahui bahwa BPNT dan PKH merupakan dua bantuan yang diberikan dalam bentuk uang tunai (BLT). 

Sedangkan bansos PBI JK tidak demikian, penerima bantuan ini hanya dapat menikmati fasilitas kesehatan secara gratis karena bantuan dibayarkan langsung oleh Kemensos ke BPJS Kesehatan. 

Namun ketiga bansos di atas sama-sama diberikan Kemensos kepada keluarga yang terdaftar di DTKS, sehingga masyarakat hanya perlu melakukan pengecekkan secara online untuk mengetahui sudah terdaftar atau belum sebagai penerima bantuan 2023. 

Baca Juga: BLT Balita Tahap 1 Cair Rp750.000, Segera Login cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek PKH 2023 Online

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x