Cek Info BPNT 2023 Cair secara Tunai, Begini Penjelasan Resminya

- 10 Maret 2023, 06:55 WIB
Ilustrasi - BPNT 2023 kini disalurkan secara tunai ke masyarakat.
Ilustrasi - BPNT 2023 kini disalurkan secara tunai ke masyarakat. /Dok. Humas Kemensos/

PR DEPOK – Simak penjelasan resmi terkait BPNT 2023 yang cair secara tunai. Kemensos telah menyampaikan bahwa program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) akan tetap berlanjut pada tahun 2023, namun kali ini akan ada skema pembayaran secara tunai.

 

Bagi para penerima manfaat BPNT yang ingin menerima dengan skema pembayaran tunai, silakan menyimak artikel ini. Berikut ini adalah penjelasan resmi tentang cara cek info BPNT 2023 cair secara tunai.

Penyaluran BPNT pada awalnya berbentuk sembako. Belum lama ini, Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan BPNT atau bantuan sembako tidak lagi disalurkan melalui e-warung.

Lantas, benarkah BPNT akan disalurkan secara tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada tahun 2023? Menurut Mensos Risma, KPM BPNT kini bisa tarik tunai langsung dari ATM dan bank Himbara.

Baca Juga: Bantuan Langsung Tunai PKH Cair Lewat Apa Tahun 2023? Dapatkan Dana Tunai hingga Rp750.000 di Sini

Mensos Risma menjelaskan, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari laman resmi Kemensos, “Kita tidak menggunakan e-warung lagi . Ini menyikapi dari Perpres Nomor 63 tahun 2017 (tentang penyaluran bantuan sosial secara non tunai). Boleh penarikan tunai atau barang. Oleh karena itu kita menyepakati penyalurannya tunai. Pengambilannya bisa lewat ATM atau ke bank langsung.”

Lebih lanjut, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pengambilan BPNT secara tunai akan memudahkan masyarakat. Alasannya, dana bantuan tersebut dapat langsung diambil oleh masyarakat dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari tanpa harus terlebih dahulu mencari e-warung dan menukarnya dengan sembako.

Halaman:

Editor: Cecev Handoyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x