Demi Dongkrak Domestik Bruto, Bambang Soesatyo Dorong Kaum Muda di Desa Ikut Kontribusi dalam UMKM

- 27 Agustus 2020, 11:26 WIB
Ilustrasi pelaku UMKM/
Ilustrasi pelaku UMKM/ /eat-halal

PR DEPOK - Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) memiliki peranan penting dalam menjalankan roda perekonomian di Indonesia.

Hal tersebut diungkap oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo pada Kamis 27 Agustus 2020. 

Dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari RRI, Bambang Soesatyo mengajak kaum muda di Indonesia khususnya di daerah pedesaan untuk terjun dalam berbagai sektor UMKM. Sebab kontribusi sektor tersebut terhadap produk domestic bruto berpengaruh cukup besar mencapai angka 60 persen.

Baca Juga: Turki Temukan Cadangan Gas Alam di Laut Hitam, 8 WNI Disebut Ikut Berkontribusi dalam Penemuan

Lebih lanjut ia mengungkapkan, sektor UMKM mampu menyerap tenaga kerja yang sangat meningkat, yakni mencapai angka 97 persen dari total tenaga kerja. Namun, kemampuan UMKM untuk menembus pasar ekspor masih terbilang rendah, hanya berada pada angka 14 persen.

"Maka, disini lah pera penting pemuda untuk berinovasi mendorong optimalisasi ekspor produk UMKM. Potensi pada pasar ekspor sangat besar, kurang lebih 7,4 miliar jiwa atau 28 kali lipat dari pasar domestik. Maka walaupun berusaha di pedesaan, pendapatan akan melebihi kota dan pasar akan mendunia” ujar Bambang Soesatyo.

Dengan seiring berkembangnya zaman yang menghadirkan era digital, geliat perekonomian juga dikatakan Bambang Soesatyo juga dipengaruhi penggunaan aplikasi teknologi.

Bambang Soesatyo menjelaskan, Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada tahun 2019 lalu, transaksi melaui e-commerce di Indonesia mencapai angka Rp17,2 triliun.

Baca Juga: Dicairkan Jokowi Hari Ini, Cek Tahapan Pencairan Subsidi Rp600.000

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x