Sering Boros Saat Pakai Kartu Kredit? Terapkan 4 Hal Sederhana Berikut

- 19 Oktober 2020, 07:47 WIB
ILUSTRASI kartu kredit/
ILUSTRASI kartu kredit/ /pexels

PR DEPOK - Kartu Kredit bukanlah kartu utang maupun uang lebih. Jika Anda masih menyimpan pikiran seperti itu, cobalah untuk mulai merubahnya sebelum terlilit masalah yang lebih serius di masa yang akan datang.

Kartu kredit bisa saja dikatakan sebagai kartu yang memiliki dua sisi, yakni kebaikan maupun keburukan.

Kebaikannya jelas, Anda bisa mendapatkan diskon khusus, namun kembali lagi, cobalah hitung bunga kredit yang diberikan oleh pihak bank, apakah sebanding dengan diskon yang Anda dapatkan? Jika jawabannya iya, Anda bisa lanjutkan transaksi tersebut, namun jika jawabannya tidak, jauhilah promo tersebut.

Baca Juga: Lakukan Patroli Siber, Kominfo Blokir 1.497 Konten Hoaks Soal Covid-19 yang Ditemui di 4 Platform

Dilain sisi, Kartu Kredit juga bisa membuat perilaku konsumtif lantaran mempermudah nasabahnya dalam bertransaksi. Namun kembali lagi semua hanya akan berakhir baik jika dimanfaatkan berdasarkan fungsinya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari perilaku konsumtif yang disebabkan karena hadirnya kartu kredit.

1. Buatlah Limit Sendiri

Terkesan aneh? Tentu saja tidak. Anda yang memiliki kartu kredit pertama, Anda pula yang berhak mengatur seberapa besar alokasi dana yang dikeluarkan menggunakan kartu kredit. Misal kartu kredit Anda memiliki limit sebesar Rp6 juta.

Agar tak tergoda dengan promo-promo menarik yang ditawarkan oleh merchant, Anda bisa membatasi penggunaan dana melalui kartu kredit sebesar Rp3 juta.

Jika kartu Anda sudah mencapai transaksi hingga Rp3 juta, siap siaplah untuk berhenti memakai kartu kredit hingga tagihan kartu kredit Anda datang.

Baca Juga: Obituari Pollycarpus Budihari Priyanto: Perjalanan Mantan Tersangka Pembunuhan Aktivis HAM Munir

Sementara Anda masih bisa menggunakan kartu debit sekalipun tak memiliki promo. Dengan begitu Anda bisa terhindar dari perilaku konsumtif.

2. Pintar Pintarlah Belanja

Belanja di minimarket bisa menggunakan kartu kredit, belanja di pusat grosir pun bisa menggunakan kartu kredit. Wah semakin mudah ya saat ini penggunaan kartu kredit. Nah, hal tersebutlah yang wajib Anda perhatikan sebelum menggunakan kartu kredit.

Jangan hanya berdasarkan pada kemudahan bertransaksi dan diskon besar yang ditawarkan. Cobalah pikirkan lagi sebelum membeli barang, apakah barang tersebut penting dan mendesak bagi Anda? Atau hanya tergiur karena diskon yang ditawarkan?

Apabila memang senang berbelanja menggunakan kartu kredit, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kartu kredit shopping untuk belanja kebutuhan bulanan saja. Contohnya, Anda bisa coba ajukan kartu kredit BNI, BRI, atau BCA yang memiliki fitur belanja bulanan dan cashback.

3. Utamakan Kartu Debit

Pasti tahu dong perbedaan kartu debit dan kartu kredit itu apa? Kartu debit hanya bisa digunakan jika di dalam tabungan Anda ada saldo, tapi lain halnya kartu kredit yang tidak memiliki saldo tapi memiliki limit.

Salah satu langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir penggunaan kartu kredit adalah gunakanlah kartu debit terlebih dahulu.

Baca Juga: Update Harga Emas Antam, Antam Retro, Antam Batik, dan UBS pada Senin, 19 Oktober 2020

Selanjutnya simpanlah kartu kredit untuk transaksi yang lebih menguntungkan dan untuk membeli kebutuhan yang sifatnya mendesak, bukan hanya untuk senang-senang. Penggunaan kartu debit tentu saja meminimalisir utang kartu kredit yang bisa Anda gunakan kapan saja selama limitnya masih mencukupi.

Sembari melunasi tagihan kartu kredit, Anda pun bisa sekaligus menata keuangan.Cara satu ini terbilang cukup ampuh lho meminimalisir penggunaan kartu kredit.

4. Manfaatkan Pasangan Anda sebagai Pengingat

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah, mintalah pada pasangan Anda untuk mengingatkan hindari penggunaan kartu kredit secara berlebih.

Sama seperti halnya kecanduan narkoba, kecanduan kartu kredit pun perlu pendekatan persuasif dari teman, keluarga maupun pasangan.

Hal tersebut untuk menghindari anggapan bahwa peringatan dari bank atau pemerintah hanya angin lalu. Dengan pendekatan dari orang orang terdekat diharapkan lebih bisa diterima.

Gunakan Sebaik Mungkin

Meski seringkali dicap sebagai penyebab perilaku konsumtif, nyatanya kartu kredit juga bisa digunakan untuk berhemat. Asalkan, Anda paham betul bagaimana memanfaatkan kartu kredit tersebut sesuai dengan porsinya.

Baca Juga: Duta Genre Kota Depok Diharapkan Mampu Edukasi Kaum Remaja

Dimanapun yang bersifat berlebihan tentu saja tidak direkomendasikan. Pakailah kartu kredit sesuai kebutuhan, bukan keinginan.

Jika Anda hanya menuruti keinginan sampai kapan pun Anda tidak akan mencapai kebebasan finansial lantaran.Bagaimana? Itulah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan bagi yang saat ini memiliki kartu kredit dan berusaha meminimalisir penggunaan kartu kredit. Semoga berhasil ya!***

Editor: Rahmad Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x