90.000 Personel Militer Rusia Tetap Bersiaga di Perbatasan Ukraina-Rusia Menyusul Ketegangan Kedua Negara

- 4 November 2021, 20:07 WIB
Pengiriman pasukan militer Rusia ke perbatasan Ukraina.
Pengiriman pasukan militer Rusia ke perbatasan Ukraina. / / ukrinform.net

PR DEPOK - Rusia telah meninggalkan unit militer di dekat perbatasannya dengan Ukraina setelah latihan, dengan jumlah pasukan di daerah itu sekarang berjumlah 90.000 personel.

Sebelumnya, angkatan bersenjata Rusia juga telah mengadakan serangkaian latihan skala besar di wilayah tersebut, termasuk pasukan udaranya, menurut kementerian pertahanan Ukraina.

Setelah pelatihan usai, unit Angkatan Darat ke-41 lanjut menetap di wilayah yang jaraknya sekitar 260 kilometer dari perbatasan Ukraina, tambahnya.

Baca Juga: Tak Bisa Move On, 3 Tanda Mantan Kekasih Masih Memikirkan Kamu dan Ingin Kembali Bersama

“Perlu dicatat bahwa Rusia secara berkala menggunakan praktik pemindahan dan pengumpulan unit militer untuk menjaga ketegangan di kawasan dan tekanan politik terhadap negara-negara tetangga,” kata kementerian itu, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Al Jazeera pada Kamis, 4 November 2021.

Amerika Serikat, sekutu Ukraina, mengatakan pihaknya juga melihat sejumlah besar gerakan militer Rusia di sepanjang perbatasannya dengan Ukraina, meskipun tidak ada yang “terlalu agresif”.

“Kami pernah melihat ini sebelumnya… Apa artinya ini? Kami belum tahu, terlalu dini untuk mengatakannya,” kata Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley.

Musim semi ini, Moskow membuat khawatir ibu kota Kyiv dan Barat dengan membangun ribuan tentara di sepanjang perbatasan dengan Ukraina, meskipun kemudian memerintahkan mereka kembali ke pangkalan.

Kementerian pertahanan Ukraina sebelumnya membantah laporan media baru-baru ini bahwa Rusia kembali mengumpulkan pasukan di dekat perbatasan bersama kedua negara.

Halaman:

Editor: Adithya Nurcahyo

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x