Kemendes PDTT Kucurkan Dana BLT Rp 600.000 per Bulan dari Dana Desa

- 19 April 2020, 09:46 WIB
KEGIATAN bagi-bagi masker Desa Gumulung Lebak Kabupaten Cirebon. *
KEGIATAN bagi-bagi masker Desa Gumulung Lebak Kabupaten Cirebon. * //Warga Desa Gumulung Lebak

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah menyiapkan dana Rp 22,4 triliun untuk Batuan Tunai Langsung (BLT).

Sasaran BLT adalah masyarakat miksin terdampak pandemi virus corona atau COVID-19 di wilayah Nusa Tenggara dan Pulau Kalimantan.

Program BLT yang diberikan pada 12,3 juta kepala keluarga (KK) ini berasal dari anggaran dana desa.

Pemerintah pun telah memangkas 31 persen dana desa yakni senilai Rp 22,4 triliun dari Rp 72 triliun untuk merealisasikan program ini.

Baca Juga: Pria di Tiongkok Jalani Operasi Pencabutan Pisau Setelah 26 Tahun Bersarang di Kepalanya 

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menuturkan bahwa dalam waktu tiga bulan terhitung sejak April, Mei, hingga Juni, penduduk sasaran BLT akan mendapatkan bantuan Rp 600.000 per bulan.

Gus Menteri, sapaan akrab Abdul Halim, mengatakan sebisa mungkin BLT Dana Desa diberikan pada penerima secara non-tunai dengan cara transfer perbankan.

"Tidak mutlak, tapi usahakan betul secara non-tunai. Kalau tidak bisa, tunai juga tidak apa-apa, yang penting sampai ke penerima BLT dan bisa dipertanggungjawabkan dengan baik," kata Gus Menteri dalam konferensi video sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari laman Sekteratiat Kabinet.

Baca Juga: Video Mengharukan Seorang Polisi Menyuapi Pisang kepada Monyet Tanpa Tangan 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x