BLT Anak Sekolah Juli 2022 Cair Lagi? Siapkan KTP untuk Ambil Bantuan Rp4,4 Juta Lewat Sini

- 3 Juli 2022, 12:47 WIB
Ilustrasi - Berikut ini penjelasan mengenai BLT Anak Sekolah Juli 2022 mulai dari pencairan dan cek nama penerima.
Ilustrasi - Berikut ini penjelasan mengenai BLT Anak Sekolah Juli 2022 mulai dari pencairan dan cek nama penerima. /Pixabay.

PR DEPOK - Pemerintah masih menyalurkan Bantuan Langsung Tunai atau BLT Anak Sekolah kepada siswa SD hingga SMA pada Juli 2022 ini.

Masyarakat penerima BLT Anak Sekolah bisa segera siapkan KTP untuk ambil bantuan dengan total manfaat Rp4,4 juta yang cair Juli 2022 bagi siswa SD hingga SMA.

Namun sebelumnya, masyarakat perlu cek nama penerima BLT Anak Sekolah Juli 2022 dengan mengakses link resmi Kemensos yakni cekbansos.kemensos.go.id, cukup pakai KTP.

Nantinya jika lolos dan dinyatakan sebagai penerima BLT Anak Sekolah Juli 2022, siswa SD hingga SMA bisa mencairkan bantuan total Rp4,4 juta yang disalurkan lewat Bank Himbara atau agen.

Baca Juga: Doddy Sudrajat Beri Klarifikasi Soal Beasiswa Mayang di Universitas Moestopo: Salah Pemberitaan dari Awal

Lantaran termasuk dalam komponen Program Keluarga Harapan atau PKH, maka pencairan BLT Anak Sekolah total Rp4, 4 juta mengikuti alur penyaluran bansos tersebut, yang mana pada Juli 2022 ini memasuki tahap 3.

Untuk masuk dalam komponen PKH yang mendapat BLT Anak Sekolah, masyarakat wajib terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS Kemensos.

Pasalnya, DTKS ini masih menjadi acuan Kemensos dalam menyalurkan sejumlah bansos, termasuk BLT Anak Sekolah.

Baca Juga: Mengenal Octopus, Aplikasi Daur Ulang yang Dibuat Hamish untuk Sejahterakan Pemulung

Adapun cara DTKS agar masuk sebagai penerima BLT Anak Sekolah dan bisa dapat bantuan total Rp4, 4 juta, siswa SD hingga SMA bisa melakukan daftar secara online dengan mengikuti langkah sebagai berikut.

Cara Daftar Online

Langkah pertama, orang tua bisa segera menyiapkan KTP dan Kartu Keluarga (KK). Lalu segera buka PlayStore di HP.

Langkah selanjutnya, segera unduh aplikasi Cek Bansos. Kemudian kakukan registrasi. Jika sudah, menu pada aplikasi sudah dapat diakses.

Baca Juga: Cek Nama Penerima PKH Balita Tahap 3 dengan Login di cekbansos.kemensos.go.id, Ada BLT Rp3 Juta

Setelah itu, pilih menu daftar usulan untuk mendaftarkan diri di DTKS Kemensos. Lalu klik “Tambah Usulan”.

Lantaran BLT Anak Sekolah termasuk dalam komponen bansos PKH, maka pilih jenis bansos yakni PKH.

Data yang berhasil diusulkan bakal memuat nama, NIK dan status kesesuaian Dukcapil, kesesuaian wilayah dengan pengusul KK.

Selain daftar online, masyarakat juga bisa mendaftar secara offline dengan mendatangi Kantor Kelurahan setempat dan membawa berkas berupa KK serta KTP.

Baca Juga: Rusia Klaim Berhasil Kepung Lysychansk, Langsung Dibantah Ukraina

Data yang diusulkan nantinya bakal dimusyawarahkan oleh perangkat desa terkait apakah layak dapat BLT Anak Sekolah total Rp4,4 juta atau tidak.

Setelah daftar, masyarakat bisa cek nama penerima BLT Anak Sekolah total Rp4,4 juta online modal KTP melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Cara Cek Penerima Online

Tahap pertama, segera kunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id menggunakan HP yang terkoneksi jaringan internet.

Setelah itu, segera masukkan alamat berupa nama Provinsi/Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa sesuai KTP. Lalu, masukkan juga data diri sesuai KTP.

Baca Juga: Ketentuan Baru, Vaksinasi Covid-19 Booster di Indonesia Bakal Jadi Syarat Menggunakan Fasilitas Umum

Tahap berikutnya, ketik delapan huruf kode (dipisahkan spasi) yang disediakan dalam kotak. Jika kurang jelas, ulangi lagi untuk mendapatkan kode baru. Tahap terakhir, yakni klik tombol "Cari Data".

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, link cekbansos.kemensos.go.id bakal mencocokkan nama penerima manfaat sesuai wilayah yang diinput.

Masyarakat, khususnya siswa SD hingga SMA yang telah terdaftar di DTKS dan tergolong sebagai keluarga penerima manfaat atau KPM, berhak mendapatkan BLT Anak Sekolah total Rp4,4 juta.

Total uang BLT Anak Sekolah Rp4,4 juta tersebut bakal cair kepada siswa SD atau sederajat sebesar Rp225.000 per tahap atau Rp900.000 per tahun.

Baca Juga: BPNT Kartu Sembako Juli 2022 Cair Tunai Lewat Kantor Pos? Simak Infonya dan Cara Cek Nama Penerima Online

BLT Anak Sekolah juga diberikan kepada siswa SMP atau sederajat sebesar Rp375.000 per tahap atau Rp1,5 juta per tahun, serta pada siswa SMA atau sederajat sebesar Rp500.000 per tahap atau Rp2 juta per tahun.

Siswa SD hingga SMA atau orang tua bisa datang ke Bank Himbara yang meliputi BNI, BRI, BTN, dan Mandiri atau agen lantaran dana dana BLT Anak Sekolah bakal dicairkan melalui lembaga penyalur tersebut.***

Editor: Ramadhan Dwi Waluya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah