Bagaimana Cek Legalitas Pinjol Ilegal Atau Tidak, Simak Caranya di Sini

- 28 April 2023, 20:06 WIB
Ilustrasi - Cek cara tahu legal atau tidak pinjol.
Ilustrasi - Cek cara tahu legal atau tidak pinjol. /Sallyjermain/Pixabay

PR DEPOK - Layanan keuangan secara online yang menghubungkan antara pemberi dan penerima pinjaman disebut sebagai pinjaman online.

Pinjaman Online atau Pinjol mulai dikenal di Indonesia pada awal tahun 2016-an, ketika platform fintech pertama kali menyediakan layanan tersebut secara online.

Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi dan meningkatnya kebutuhan, akan layanan keuangan yang mudah dan cepat, popularitas pinjaman online semakin meningkat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Sinopsis dan Link Nonton Dr Romantic 3 Episode 1 yang Tayang Malam Ini

Pinjol sendiri rentan terhadap penipuan, karena terdapat beberapa kasus penipuan dalam layanan pinjaman online di Indonesia yang berpotensi menyebabkan kerugian finansial bagi para penggunanya.

Bagaimana cara kita mengetahui dan mengecek, legalitas pinjol tersebut legal. Perlu diketahui, pendaftaran di OJK adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap penyedia layanan keuangan.

Jadi, penyedia pinjol tersebut, bisa dikatakan legal jika penyelenggara, sudah mengantongi izin dari OJK. Per April 2022, tercatat ada 102 penyelenggara pinjol yang sudah mengantongi izin OJK.

Baca Juga: Pengumuman PPPK Kemenag: Link Pengecekan, Cara Cek, Peserta Lolos dan Masa Sanggah

Cara mengecek legalitas Pinjol lewat Website OJK

Buka laman website milik OJK di www.ojk.go.id

Halaman:

Editor: Dini Novianti Rahayu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x