Akui Tidak Pernah Yakin Kebangkitan PKI, Refly: Tapi Kalau Ada Sosok dalam Pemerintahan Suka Kiri, Ya Gitu Lah

- 21 April 2021, 19:45 WIB
Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun.
Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun. /Instagram @reflyharun

PR DEPOK – Ahli hukum tata negara, Refly Harun mengaku tidak pernah yakin soal kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Pernyataan tersebut dilontarkan Refly Harun untuk menanggapi polemik munculnya tokoh-tokoh PKI di Kamus Sejarah Indonesia Jilid 1, yang diproduksi oleh Kemendikbud.

“Saya sebenarnya tidak pernah yakin soal kebangkitan PKI dan lain sebagainya,” katanya seperti dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari kanal YouTube Refly Harun pada Rabu, 21 April 2021.

Baca Juga: Sebut Dirjen Kemendikbud Hilmar Farid Bela Sejarah Versi PKI, Fadli Zon: Dia Mau Belokkan Sejarah

Namun, Refly Harun mengatakan jika ada sosok-sosok di dalam pemerintahan yang suka dengan pemikirian kiri, tidak bisa sepenuhnya disalahkan karena ini soal arus pemikiran seseorang.

“Tetapi kalau ada sosok-sosok dalam pemerintahan yang katakan lah latarbelakangnya suka dengan pemikiran kiri, suka dengan tokoh-tokoh sosialis, tokoh PKI, ya rasanya memang begitu lah. Jadi ini soal arus pemikiran,” tuturnya.

Meski begitu, ia menyebutkan bahwa arus pemikiran bisa berujung pada kekhawatiran bangkitnya PKI lantaran bisa menjadi sebuah gerakan.

Baca Juga: Sebut Dirjen Kemendikbud Hilmar Farid Bela Sejarah Versi PKI, Fadli Zon: Dia Mau Belokkan Sejarah

Akan tetapi gerakan tersebut mungkin tidak akan terlaksana karena hukum positif Indonesia masih melarang paham komunisme dan PKI.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X