Viral Penutupan Gorong-gorong oleh Oknum yang Diduga Jadi Penyebab Banjir Besar di Jakarta, Simak Faktanya

- 28 Februari 2020, 15:00 WIB
DISINFORMASI hoaks penimbunan karung-karung penyebab banjir.*

PIKIRAN RAKYAT - Media sosial kembali diramaikan dengan kabar beredarnya sebuah video yang memperlihatkan pekerja sedang menutup lubang aliran drainase dengan karung yang berisi pasir.

Banjir yang kerap terjadi di beberapa daerah di Jakarta akhir-akhir ini, diduga menurut video tersebut karena adanya sabotase yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga aliran air menjadi tersendat dan menimbulkan banjir yang besar.

Dalam video yang beredar di media sosial, diunggah oleh salah satu akun Twitter @IwanSumule86. Video ini diunggah ulang oleh akun Youtube Ridwan Pojoksatu yang telah ditonton 18.875 kali, terdapat tiga truk yang sedang mengeluarkan kantong pasir.

Beberapa orang menurunkan karung pasir dari truk, kemudian membuangnya ke dalam gorong-gorong.

Baca Juga: Susul Wakil Menteri Kesehatan, Wakil Presiden Iran Dikonfirmasi Positif Virus Corona 

loading...

Aktivitas tersebut terjadi saat malam hari di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

“Sabotase di sepanjang Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Resapan gorong-gorong air ditumpuk karung pasir," ucap seorang pria dalam video rekaman tersebut.

Bahkan aktivitas serupa tetapi di jalan yang berbeda juga pernah dibagikan di salah satu akun Youtube yang diunggah pada 26 Februari 2020 yang telah ditonton hingga 537 kali.

Judul narasi dalam video tersebut menjelaskan bahwa petugas sedang menutup beberapa gorong-gorong menggunakan karung pasir.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Kominfo

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X