Cek Fakta: Tidur Sehabis Menangis Tanpa Cuci Muka Dikabarkan Bisa Sebabkan Bintitan

- 30 Juni 2020, 18:22 WIB
POTRET perempuan yang langsung tidur setelah menangis tanpa mencuci mata terlebih dahulu dikabarkan dapat menyebabkan mata bintitan.* Turn Back Hoax

PR DEPOK - Beredar informasi melalui sebuah tangkapan layar dari aplikasi TikTok mengenai kesaksian seorang wanita yang mengalami bintitan atau benjolan pada mata dan kemudian dioperasi karena tiga hari tidak kunjung mengempes.

Wanita tersebut dalam unggahan TikTok-nya juga memberikan keterangan kalau dari hasil operasinya tersebut, dokter juga menjelaskan adanya bakteri yang menyebar di kelopak matanya.

Namun setelah ditelusuri, ternyata informasi tersebut adalah hoaks atau masuk dalam kategori konten salah.

Baca Juga: Mobil Alphard Via Vallen Dibakar Saat Dini Hari, Polisi: Pelaku Diduga Tetangga Sendiri 

Berikut narasi mengenai informasi seorang gadis yang matanya bintitan hingga harus dioperasi karena setelah menangis tidak mencuci mata.

"Guys, jangan pernah nangis langsung tidur tanpa cuci muka, aku nangis sampai bengkak trus aku langsung tidur. Besok pagi, mataku kaya muncul Bentolan i think 'ah bintitan' akhirnya aku beli salep bintitan sekitar 3 hari enggak kempes, malah tambah besar. Finally, aku ke dokter mata. Dan langsung dibilang harus operasi sekarang juga. Akhirnya aku dioperasi jadi di dalam kelopak aku isinya Nanah banyak karena bakteri menyebar," tulis perempuan tersebut dalam unggahan TikTok-nya.

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari situs Turn Back Hoax pada Selasa, 30 Juni 2020, berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari situs Kompas, dokter spesialis mata bidang retina di Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung, dr Grimaldi Ihsan, mengatakan apa yang yang dialami wanita dalam foto itu diduga bernama penyakit selulitis.

Baca Juga: DKI Jakarta Larang Penggunaan Kantong Plastik, Berikut 8 Alternatif Kantong Belanja Ramah Lingkungan 

“Karena tidak terlihat seperti apa gangguannya, (tertutup kasa), seperti itu lebih ke arah selulitis di kelopak mata, jadi kayak bisul gitu,” kata Grimaldi kepada Kompas.com pada Jumat, 26 Juni 2020.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X